Type Here to Get Search Results !

LANGIT YANG TERPELIHARA ADALAH BENTUK KASIH SAYANG ALLAH ﷻ


Oleh: Ryah Fathyrafaly

Dalam Al-Qur'an surat At-Tur Ayat 5 menerangkan,

وَالسَّقۡفِ الۡمَرۡفُوۡعِۙ‏
demi atap yang ditinggikan (langit)

Allah ﷻ bersumpah dengan atap yang ditinggikan (langit) yaitu alam tinggi yang mempunyai beberapa matahari, beberapa bulan, bintang-bintang tetap, dan bintang-bintang beredar. Di sana juga terletak 'Arsy dan kursi-Nya; demikian juga malaikat-malaikat-Nya (yang tidak pernah menolak perintah Allah ﷻ dan selalu patuh terhadap apa yang Allah ﷻ perintahkan kepada mereka). Di sana juga ada benda-benda alam yang tak terhitung banyaknya hanya Allah ﷻ yang mengetahuinya, dan balatentara Allah ﷻ yang kita juga tak mengetahui hakikatnya kecuali Dia yang menciptakannya. Dalam firman Allah ﷻ dijelaskan:

.‌ؕ.. وَمَا يَعۡلَمُ جُنُوۡدَ رَبِّكَ اِلَّا هُوَ...
... Dan tidak ada yang mengetahui bala tentara Tuhanmu kecuali Dia sendiri... (QS. Al-Muddatstsir [74]: 31)

وَجَعَلْنَا السَّمَاۤءَ سَقْفًا مَّحْفُوْظًاۚ وَهُمْ عَنْ اٰيٰتِهَا مُعْرِضُوْنَ
Dan Kami menjadikan langit sebagai atap yang terpelihara, namun mereka tetap berpaling dari tanda-tanda (kebesaran Allah) itu (matahari, bulan, angin, awan, dan lain-lain). (QS. Al-Anbiya' [21]: 32)

Atap langit ini akan terus terpelihara selama bumi ini ada, karena lapisan-lapisan pelindung ini terkait dengan struktur inti bumi. Sabuk Van Allen dihasilkan dari interaksi medan magnet yang dihasilkan oleh inti bumi.

Inti bumi banyak mengandung logam-logam magnetik, seperti besi dan nikel. Nukleusnya sendiri terdiri dari dua bagian, inti dalamnya padat dan inti luarnya cair. Kedua lapisan ini masing-masing berputar seiring dengan rotasi bumi.

Perputaran ini menimbulkan efek magnetik pada logam-logam dalam struktur bumi yang pada gilirannya membentuk medan magnetik. Sabuk Van Allen merupakan perpanjangan dari medan magnet ini yang terbentang sampai lapisan atmosfer terluar.

Betapa ilmu dan kebijaksanaan Allah ﷻ yang selalu melindungi mahluk ciptaan-Nya. Mengapa hal-hal demikian tidak dipahami oleh banyak manusia, sehingga mereka masih berpaling dari kebenaran dan kekuasaan Allah ﷻ, padahal begitu jelas tanda-tanda kekuasaan Allah ﷻ di alam ini.

Maksudnya ialah bahwa langit itu sebagai atap dan yang dimaksud dengan "terpelihara" ialah segala yang berada di langit itu dijaga oleh Allah ﷻ dengan peraturan dan hukum-hukum yang menyebabkan semuanya berjalan dengan teratur dan tertib, sesuai sistem dan hukumnya.

والله أعلمُ ﺑﺎ ﻟﺼﻮﺍﺏ
“dan Allah lebih tahu yang sebenar-benarnya”

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.