Type Here to Get Search Results !

PENGAWASAN ALLAH


Oleh: Iha Bunda Khansa

Setiap tingkah laku manusia dalam keadaan apapun tidak luput dari pengawasan Allah, kemanapun seseorang menyimpan rahasia ataupun bersembunyi, Allah Maha Mengetahui dan Maha Melihat.

Oleh karenanya, seorang muslim berusaha semaksimal mungkin dalam perbuatannya terikat pada syari'at Allah, karena Allah pasti akan membalasnya dan mencatat amal baik dan buruk.

Akan sia-sia jika seseorang dalam kehidupan di dunia yang sementara melakukan perbuatan yang melanggar syariat Islam, nyaman, aman dengan kehidupan yang di atur oleh hukum buatan manusia, bahkan Rida menjalankannya. Perilaku yang sombong, takabur dan melakukan kemaksiatan, mencoba menantang Allah dengan arogan, tidak menyadari sekecil apapun perbuatan mereka akan di catat Allah.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

وَمَا تَكُوْنُ فِيْ شَأْنٍ وَّمَا تَتْلُوْا مِنْهُ مِنْ قُرْاٰ نٍ وَّلَا تَعْمَلُوْنَ مِنْ عَمَلٍ اِلَّا كُنَّا عَلَيْكُمْ شُهُوْدًا اِذْ تُفِيْضُوْنَ فِيْهِ ۗ وَمَا يَعْزُبُ عَنْ رَّبِّكَ مِنْ مِّثْقَا لِ ذَرَّةٍ فِى الْاَ رْضِ وَلَا فِى السَّمَآءِ وَلَاۤ اَصْغَرَ مِنْ ذٰلِكَ وَلَاۤ اَكْبَرَ اِلَّا فِيْ كِتٰبٍ مُّبِيْنٍ
"Dan tidaklah engkau (Muhammad) berada dalam suatu urusan, dan tidak membaca suatu ayat Al-Qur'an serta tidak pula kamu melakukan suatu pekerjaan, melainkan Kami menjadi saksi atasmu ketika kamu melakukannya. Tidak lengah sedikit pun dari pengetahuan Tuhanmu biarpun sebesar zarrah, baik di Bumi maupun di langit. Tidak ada sesuatu yang lebih kecil dan yang lebih besar daripada itu, melainkan semua tercatat dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuz)." (QS. Yunus 10: Ayat 61)

Ayat di atas mengingatkan bahwasanya segala perbuatan seseorang tidak luput dari pengawasan Allah. Sebesar Zarrah pun Allah akan mencatatnya.

Dalam ayat yang lain Allah Subhanahu wa'taala mengetahui gerakan pohon dan benda-benda yang ada di bumi dan bermacam-macam binatang yang hidup, disebutkan di dalam firman-Nya:

وَمَا مِنْ دَابَّةٍ فِي الْأَرْضِ وَلَا طَائِرٍ يَطِيرُ بِجَنَاحَيْهِ إِلَّا أُمَمٌ أَمْثَالُكُمْ ۚ مَا فَرَّطْنَا فِي الْكِتَابِ مِنْ شَيْءٍ ۚ ثُمَّ إِلَىٰ رَبِّهِمْ يُحْشَرُونَ
Dan tidak ada seekor binatang pun yang ada di bumi dan burung-burung yang terbang dengan kedua sayapnya, melainkan semuanya merupakan umat-umat (juga) seperti kamu. Tidak ada sesuatu pun yang Kami luputkan di dalam Kitab, kemudian kepada Tuhan mereka dikumpulkan. (Al-An'am: 38)

وَمَا مِنْ دَابَّةٍ فِي الْأَرْضِ إِلَّا عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۚ كُلٌّ فِي كِتَابٍ مُبِينٍ
Dan tidak satupun makhluk bergerak (bernyawa) di bumi melainkan semuanya dijamin Allah rezekinya. Dia mengetahui tempat kediamannya dan tempat penyimpanannya. Semua (tertulis) dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh). (Hud: 6)

MasyaaAllah

Begitu Maha Besar dan Maha Kuasanya Allah, yang Maha Mengetahui segala apapun yang terjadi di alam ini. Begitupun segala gerak-gerik seseorang pun pasti tidak luput dari pengawasan-Nya.

Masihkah seseorang ingkar melakukan perbuatan yang melanggar syariat-Nya?

Allah SWT selalu mengingatkan agar kita takut pada Allah, bertakwa kepadaNya: disebutkan dalam firman-Nya:

وَتَوَكَّلْ عَلَى الْعَزِيزِ الرَّحِيمِ
الَّذِي يَرَاكَ حِينَ تَقُومُ
وَتَقَلُّبَكَ فِي السَّاجِدِينَ
Dan bertawakallah kepada (Allah) Yang Mahaperkasa lagi Maha Penyayang, Yang melihat kamu ketika kamu berdiri (untuk salat), dan (melihat pula) perubahan gerak badanmu di antara orang-orang yang sujud (Asy Suara:217-219)

Dalam tafsir Ibnu Katsir dijelaskan :

Yakni ketika kalian melakukan sesuatu, Kami selalu menyaksikan kalian, dan Kami melihat dan mendengarnya. Karena itulah ketika Jibril bertanya kepada Rasulullah Shollallohu alaihi wa sallam tentang makna ihsan, maka beliau Shollallohu alaihi wa sallam menjawab: Hendaklah kamu menyembah Allah seakan-akan engkau melihat­Nya; dan apabila kamu tidak melihat-Nya, maka sesungguhnya Dia Maha Melihat kepadamu.

Hikmah yang bisa kita ambil dari ayat di atas, bahwasanya segala perbuatan yang kita lakukan harus sesuai perintah dan larangan Allah.

Jangan melanggar rambu-rambu yang sudah Allah tetapkan jika kita ingin selamat. Takutlah akan azab-Nya jika melanggar dan menentang Allah.

والله أعلمُ ﺑﺎ ﻟﺼﻮﺍﺏ
“dan Allah lebih tahu yang sebenar-benarnya”

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.