Type Here to Get Search Results !

KAWANMU MENENTUKAN LANGKAHMU


Oleh: Fitria Ratna

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوا اللّٰهَ وَكُوْنُوْا مَعَ الصّٰدِقِيْنَ
Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah, dan bersamalah kamu dengan orang-orang yang benar. (Qs. At Taubah ayat 119)

Penggalan ayat ini mengingatkan kita dengan hadis Rasulullah saw bersabda, "Seseorang yang duduk (berteman) dengan orang saleh dan orang yang buruk, bagaikan berteman dengan pemilik minyak wangi dan pandai besi. Pemilik minyak wangi tidak akan merugikanmu, engkau bisa membeli (minyak wangi) darinya atau minimal engkau mendapat baunya. Adapun berteman dengan pandai besi, jika engkau tidak mendapati badan atau pakaianmu hangus terbakar, minimal engkau mendapat baunya yang tidak sedap.” (HR. Imam Bukhari).

Bukan untuk bermaksud merendahkan profesi pandai besi, ini hanyalah sebuah kiasan. Yang mana jika kita berteman dengan orang baik maka akan baik pula citra kita. Namun, jika kita berteman dengan orang yang buruk maka akan buruk pula citra kita. Misal aja kita berteman dengan seorang ahli maksiat, meski kita tidak bermaksiat. Namun, sedikit banyak orang akan menaruh rasa curiga pada kita karena kita berteman dengan orang yang buruk. Sekalipun kita tidak melakukan keburukan itu.

والله أعلمُ ﺑﺎ ﻟﺼﻮﺍﺏ
“dan Allah lebih tahu yang sebenar-benarnya”

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.