Type Here to Get Search Results !

MULUTMU HARIMAUMU


Oleh: Mutiara Aini

Mengalami keburukan tentu tidak diinginkan oleh setiap orang. Karena keburukan bisa membuat seseorang terpuruk dan jatuh dalam kenistaan.

Atas dasar itulah Islam menganjurkan agar kita tidak mengutuk maupun mendoakan keburukan. Kalaupun mengalami keburukan, Islam mengajarkan untuk tidak membalasnya dengan keburukan lagi.

Ketika kita dilukai oleh orang lain, sudah tentu kita akan marah dan sakit hati.

Bahkan ketika sedang marah dan emosi, tidak jarang orang sampai berkata kasar hingga menyumpai orang lain. Bahkan ada yang sampai berdoa supaya Allah menghukumnya. Namun bolehkah kita mendoakan keburukan untuk orang lain?

Sayyid Abdullah bin Alawi Al Haddad dalam kitabnya Risalatul Mu'awanah wal Mudzaharah wal Muwazarah memberikan penjelasan.

"Jangan sekali-kali mendoakan datangnya bencana atau mengutuk diri sendiri, keluargamu, hartamu ataupun seseorang dari kaum Muslimin walaupun ia bertindak dzalim terhadapmu, sebab siapa saja mengucapkan doa kutukan atas orang yang mendzaliminya, berarti ia telah membalasnya. Rasulullah SAW telah bersabda: 'Jangan mendoakan bencana atas dirimu sendiri, anak-anakmu ataupun harta hartamu. Jangan-jangan hal itu bertepatan dengan saat pengabulan doa oleh Allah SWT'."

Juga dalam firman Allah SWT

وَيَدْعُ الْاِ نْسَا نُ بِا لشَّرِّ دُعَآءَهٗ بِا لْخَيْرِ ۗ وَكَا نَ الْاِ نْسَا نُ عَجُوْلًا
"Dan manusia (seringkali) berdoa untuk kejahatan sebagaimana (biasanya) dia berdoa untuk kebaikan. Dan memang manusia bersifat tergesa-gesa." (QS. Al-Isra' 17: Ayat 11)

Manusia memiliki sifat tergesa-gesa. Sifat itulah yang menyebabkan manusia berdoa untuk kejahatan, tanpa disadari bahwa doanya itu jika dikabulkan akan membawa kerugian bagi dirinya.

Oleh karena itu, janganlah tergesa-gesa di dalam mengambil keputusan.

Sebagai umat muslim, kita senantiasa berdoa dan berharap kebaikan serta keberuntungan menghampiri kita, hal tersebut dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, seperti menjalankan segala kewajiban umat islam agar mendapat ridhoNya dan memiliki ketenangan hati, berbuat baik kepada kedua orang tua dan sesama, serta mendoakan atau berharap yang baik untuk orang lain agar kebaikan tersebut juga menular atau berbalik kepada diri kita sendiri.

والله أعلمُ ﺑﺎ ﻟﺼﻮﺍﺏ
“dan Allah lebih tahu yang sebenar-benarnya”

Palembang 19 Agustus 2021

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.