Type Here to Get Search Results !

ANAKKU KENAKAN PAKAIAN TAKWAMU


Oleh: Ramsa

Allah Zat yang Maha tahu dan paling mengerti kebaikan buat semua makhluk ciptaanNya. Untuk itu Dia melengkapi hidup manusia dengan sebuah aturan yang indah dan bermanfaat. Salah satunya aturan berpakaian.

Islam mengatur seputar pakaian dengan rinci dan menyesuaikan jenis kelamin manusia. Untuk wanita ada pakaian yang khusus di dalam rumah saja, atau di depan orang-orang yang haram dinikahi. Yakni pakaian yang menutupi leher, lengan atas hingga bawah lutut. Pakaian jenis ini disebut al mihna.

Ketika keluar rumah maka ada pakaian lain yang harus menutup al mihna tadi, yakni gamis atau jubah, dan penutup kepala hingga dada adalah kerudung atau khimar. Gamis atau jilbab dan khimar ini juga ada aturannya yakni tidak transparan dan tidak membentuk lekuk tubuh. Tidak menyerupai pakaian lawan jenis.

Artinya lelaki tidak memakai gamis atau daster dan perempuan tidak memakai celana panjang di luar rumah. Karena celana panjang di luar rumah itu pakaiannya laki-laki. Jadi ingat iklan tertentu yang bintang iklan semua laki-laki tapi pakai kerudung dan baju daster, agak ngeri lihatnya. Ini contoh tak benar dan potret kemunduran di masyarakat.

Duhai anak-anakku ingatlah jenis pakaianmu, bedakan dengan lelaki. Dan pelajarilah aturan berpakaian, aturan seputar menutup aurat dengan seksama lalu tutup auratmu dengan baik. Jangan ikuti kebanyakan orang. Karena belum tentu orang banyak itu benar.

Duhai anakku biasakanlah mengenakan pakaian terbaik saat belajar, baik di rumah atau di sekolah. Biasakanlah pakai pakaian takwamu di mana saja engkau berada.

Jadikan pertemuannu dengan Allah ﷻ sebagai momen terbaik dan berikan adab terbaik agar Allah ﷻ sayang dan rida padamu.

Anakku teruslah belajar, berjuang lawan hawa nafsu dan kemalasanmu, lalu kenakan pakaian takwamu di setiap keluar rumah. Awalnya mungkin ribet, kelamaan, tapi sadarilah keribetan dan lamanya menggunakan pakaian syar'i adalah bukti taat dan cintamu pada illahi rabbi.

Mari baca pesan indah Illahi dalam surat Al-A'raf ayat 26 berikut ini:

يٰبَنِىٓ ءَادَمَ قَدْ أَنْزَلْنَا عَلَيْكُمْ لِبَاسًا يُوٰرِى سَوْءٰتِكُمْ وَرِيشًا ۖ وَلِبَاسُ التَّقْوٰى ذٰلِكَ خَيْرٌ ۚ ذٰلِكَ مِنْ ءَايٰتِ اللَّهِ لَعَلَّهُمْ يَذَّكَّرُونَ
Artinya:
Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat.

Ingatlah selalu bahwa Allah ﷻ melihatmu walau kau takkan mampu melihatnya. Ingatlah ada malaikat di sampingmu yang setia menemani dan melaporkan amal-amalmu.

Yuk mulai langkah kecil menggunakan pakaian syar'i sejak dini tidak sebatas saat TPA atau sekolah, saat hadiri acara yasinan, tapi biasakan keluar rumah selalu ingat pakaian taatmu. Semoga Allah ﷻ menyayangi dan meridaimu anak-anakku.

والله أعلمُ ﺑﺎ ﻟﺼﻮﺍﺏ
“dan Allah lebih tahu yang sebenar-benarnya”

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.