Type Here to Get Search Results !

WASPADAI DOSA JAMAAH


Oleh: Ramsa

Tak ada manusia yang luput dari dosa. Tak ada manusia yang selalu benar, kecuali Rasul Allah. Karena setiap perbuatannya dibimbing wahyu. Sebagai manusia biasa, sehari-hari kita senantiasa mencetak dosa, baik dosa individual atau dosa jamaah.

Apa itu dosa jamaah? Dosa yang kita terima karena adanya hukum Allah ﷻ yang sifatnya fardhu kifayah tidak diterapkan. Contohnya di Indonesia hari ini banyak yang jadi pelaku zina tapi tidak dihukum cambuk atau rajam maka dosanya menimpa semua kaum Muslimin di Indonesia.

Atau dosa besar kaum Muslimin karena tidak menghukum pelaku pembunuhan dan pencurian yang merajalela. Jadi tanpa sadar kita terus menerima dosa walau bukan dari perbuatan kita sendiri. Astaghfirullah hal adzim.

Maka Allah ﷻ menyeru kita untuk bertobat dan bersungguh-sungguh dalam pertobatan. Tobat yang tidak mengulangi perbuatannya dengan alasan apapun. Tobat yang diiringi dengan beljar ilmu syariat agar tidak mengulang kesalahan yang sama. Tobat tanpa kumat. Mari bertobat dengan kesadaran penuh dan cari komunitas taat yang mengajak senantiasa taat Islam yang kaffah.

Pada Al-Qur'an surat At-Tahrim ayat 8 menerangkan:

يٰٓأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا تُوبُوٓا إِلَى اللَّهِ تَوْبَةً نَّصُوحًا عَسٰى رَبُّكُمْ أَنْ يُكَفِّرَ عَنْكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنّٰتٍ تَجْرِى مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهٰرُ يَوْمَ لَا يُخْزِى اللَّهُ النَّبِىَّ وَالَّذِينَ ءَامَنُوا مَعَهُۥ ۖ نُورُهُمْ يَسْعٰى بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَبِأَيْمٰنِهِمْ يَقُولُونَ رَبَّنَآ أَتْمِمْ لَنَا نُورَنَا وَاغْفِرْ لَنَآ ۖ إِنَّكَ عَلٰى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ
Artinya:
Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang mukmin yang bersama dia; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka mengatakan: "Ya Rabb kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami; Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu".

Ya Allah ampuni dosa kami, tutuplah aib kami, sabarkan hati kami dalam ketaatan. Kuatkan kaki kami melangkah dan menyebarkan indahnya Islam kaffah. Mampukan kami bertobat sebelum ajal menjelang. Sebelum bertemu hari penyesalan.

Hiasi hidup kami dengan sikap sabar, syukur dan banyak bertobat, anugerahkan kami keturunan yang sabar menggenggam kebenaran walau seperti bara api. Aamiin.

والله أعلمُ ﺑﺎ ﻟﺼﻮﺍﺏ
“dan Allah lebih tahu yang sebenar-benarnya”

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.