Type Here to Get Search Results !

TENTANG HARTA DAN CINTA


Oleh: Ramsa Sahara

Hidup tanpa cinta bagai sayur tanpa garam. Hidup bersama harta, dunia serasa kiamat. Inilah yang banyak diungkapkan orang zaman sekarang. Yang banyak diburu adalah harta dan cinta. Jika cinta tak didapat bunuh diri sering jadi jalan pintas.

Ooh nasib generasiku, akankah begini selamanya? Atau akan adakah pemuda cerdas yang siap merubah paradigma mengejar cinta? Sungguh cinta yang indah yang dilukiskan dalam perjalanan hidup Mush'ab bin Umair. Dia begitu cinta pada ibunya, cinta pada keluarganya, tapi tak mengalahkan cintanya pada Rasulullah ﷺ.

Harta yang melimpah tak jadi pertimbangan ketika menomorsatukan cinta pada Rab-Nya. Tak ada sesal atau rasa tidak nyaman saat memilih jadi pejuang cinta Ilahi, beliau sungguh-sungguh menunjukkan bahwa keberadaannya dalam barisan pejuang Islam murni karena taat dan cinta kepada Allah dan Rasul-Nya.

Dalam Al-Qur'an surat Al-Qasas ayat 78,

قَالَ إِنَّمَآ أُوتِيتُهُۥ عَلٰى عِلْمٍ عِنْدِىٓ ۚ أَوَلَمْ يَعْلَمْ أَنَّ اللَّهَ قَدْ أَهْلَكَ مِنْ قَبْلِهِۦ مِنَ الْقُرُونِ مَنْ هُوَ أَشَدُّ مِنْهُ قُوَّةً وَأَكْثَرُ جَمْعًا ۚ وَلَا يُسْئَلُ عَنْ ذُنُوبِهِمُ الْمُجْرِمُونَ
Artinya :
Karun berkata: "Sesungguhnya aku hanya diberi harta itu, karena ilmu yang ada padaku". Dan apakah ia tidak mengetahui, bahwasanya Allah sungguh telah membinasakan umat-umat sebelumnya yang lebih kuat daripadanya, dan lebih banyak mengumpulkan harta? Dan tidaklah perlu ditanya kepada orang-orang yang berdosa itu, tentang dosa-dosa mereka.

Setiap manusia inginkan cinta sejati juga kekayaan yang abadi, kekayaan yang akan menemani walau jasad tak lagi di badan. Kekayaan yang sangat diperlukan yakni kaya ilmu dan menyebarkan manfaat. Sedikit apa pun ilmunya, sebarkan. Seminim apa pun adab amalkan lah.

Sungguh harta yang abadi adalah harta yang didermakan ke jalan yang diridai Allah. Pemberian kepada Allah bisa berupa infak, sedekah, dan derma yang lain. Harta yang akan menemani adalah apa yang sudah dimanfaatkan oleh anak, suami, istri, orang tua, bapak-ibu, dan juga semua anggota keluarga besar.

Semoga Allah menurunkan rizki yang berkah, kesehatan dan kekuatan agar kita setia beramal shalih dan sebarkan kebaikan di masyarakat.

والله أعلمُ ﺑﺎ ﻟﺼﻮﺍﺏ
“dan Allah lebih tahu yang sebenar-benarnya”

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.