Type Here to Get Search Results !

PERHATIKAN MAKANANMU


Oleh: Alfi Ummuarifah

Sungguh tak terbayangkan bagiku sebelumnya. Ayat di bawah ini begitu mendalam pengertiannya. Ayat yang mengingatkan manusia untuk memperhatikan makanannya secara detail. Semua itu agar manusia tak menzalimi dirinya, tubuhnya, organ tubuhnya, darahnya, tulangnya dan juga saraf dan jiwanya.

Dalam Al-Qur'an surat 'Abasa ayat 24 berikut ini. Petunjuk bagi manusia agar pilah pilih makanan agar sehat selalu dan sembuh dari sakit. Sebab-sebab yang menghantarkan kesembuhan.

فَلۡيَنۡظُرِ الۡاِنۡسَانُ اِلٰى طَعَامِهٖۤۙ
Maka hendaklah manusia itu memperhatikan makanannya.

Jika manusia bersikeras dengan keingkarannya, maka hendaklah manusia itu memperhatikan makanannya yang dia makan setiap hari, dari mana makanan itu berasal? Sudahkah halal dan baik untuk di makan? Sudahkah benar kombinasinya? Waktu konsumsinya? Dan membahayakan dirinya atau tidak?

Dalam ayat ini, Allah menyuruh manusia untuk memperhatikan makanannya, bagaimana Ia telah menyiapkan makanan yang bergizi yang mengandung protein, karbohidrat, dan lain-lain sehingga memenuhi kebutuhan hidupnya.

Juga meneliti makanan itu agar menjadi obat bagi manusia itu dan agar tidak menimbulkan bahaya karena sembrono mengonsumsinya.

Manusia dapat merasakan kelezatan makanan dan minumannya yang juga menjadi sarana memelihara tubuhnya sehingga tetap dalam keadaan sehat dan mampu menunaikan tugas yang dibebankan kepadanya dan itu semua layak disyukuri. Hendaknya manusia mengikuti Rasulullah, dan kebiasaan baik dalam mengonsumsi makanan dari bangsa manapun selama tidak bertentangan dengan syariat.

Di sini, telah dibahas pembahasan makanan sebagai obat, jadi penawar, Pencegah sakit, jadi penyembuh atas sakit yang diderita.

والله أعلمُ ﺑﺎ ﻟﺼﻮﺍﺏ
“dan Allah lebih tahu yang sebenar-benarnya”

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.