Type Here to Get Search Results !

PILAH-PILIH ATURAN ILAHI


Oleh: Ramsa Sahara

Pilih gaya hidup sesuai selera, pilih warna pakaian sesuai kondisi, pilih makanan sesuai tren atau apa yang lagi viral. Ujungnya banyak juga yang pilih-pilih aturan Allah.

Mau jalankan salat, puasa dan zakat, tapi tidak mau jalankan hukum rajam. Ikuti larangan minum khamar tapi tidak taati larangan berzina dan riba. Riba dianggap tolong menolong. Riba dalam hal cicilan rumah, cicilan kendaraan semua dianggap wajar karena kebanyakan orang menjalaninya.

Bahkan riba dianggap gaya hidup modern. Banyak yang berusaha kerjakan hukum sunnah seperti puasa senin kamis, rajin tahajud tiap hari, tapi masih sering langgar kewajiban. Tidak suka menutup aurat secara sempurna dengan alasan kepanasan. Tidak masalah, sah-sah saja jalankan perintah yang sunnah, tapi kewajiban mesti dikerjakan karena lebih utama.

Untuk itulah kita belajar dan mengkaji hukum Islam agar tahu mana yang wajib, sunnah, mubah, makruh dan haram agar tidak terjebak dengan berislam ala prasmanan.

Ayoo kita baca dan pahami pesan cinta Allah ﷻ dalam surat yang kedua ini, yakni surat Al-Baqarah ayat 85,

ثُمَّ أَنْتُمْ هٰٓؤُلَآءِ تَقْتُلُونَ أَنْفُسَكُمْ وَتُخْرِجُونَ فَرِيقًا مِّنْكُمْ مِّنْ دِيٰرِهِمْ تَظٰهَرُونَ عَلَيْهِمْ بِالْإِثْمِ وَالْعُدْوٰنِ وَإِنْ يَأْتُوكُمْ أُسٰرٰى تُفٰدُوهُمْ وَهُوَ مُحَرَّمٌ عَلَيْكُمْ إِخْرَاجُهُمْ ۚ أَفَتُؤْمِنُونَ بِبَعْضِ الْكِتٰبِ وَتَكْفُرُونَ بِبَعْضٍ ۚ فَمَا جَزَآءُ مَنْ يَفْعَلُ ذٰلِكَ مِنْكُمْ إِلَّا خِزْىٌ فِى الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا ۖ وَيَوْمَ الْقِيٰمَةِ يُرَدُّونَ إِلٰىٓ أَشَدِّ الْعَذَابِ ۗ وَمَا اللَّهُ بِغٰفِلٍ عَمَّا تَعْمَلُونَ
Artinya :
"Kemudian kamu (Bani Israil) membunuh dirimu (saudaramu sebangsa) dan mengusir segolongan daripada kamu dari kampung halamannya, kamu bantu membantu terhadap mereka dengan membuat dosa dan permusuhan; tetapi jika mereka datang kepadamu sebagai tawanan, kamu tebus mereka, padahal mengusir mereka itu (juga) terlarang bagimu. Apakah kamu beriman kepada sebahagian Al Kitab (Taurat) dan ingkar terhadap sebahagian yang lain? Tiadalah balasan bagi orang yang berbuat demikian daripadamu, melainkan kenistaan dalam kehidupan dunia, dan pada hari kiamat mereka dikembalikan kepada siksa yang sangat berat. Allah tidak lengah dari apa yang kamu perbuat."

Masyaallah, balasan berat dari Allah jika kita menjadikan aturan Allah ﷻ layaknya menu prasmanan. Dan Allah ﷻ juga tahu bahwa masih banyak Muslim yang belum berupaya belajar Islam agar tahu aturan agamanya. Sehingga bisa jadi muslim taat dan mengajak pada ketaatan.

Mari isi hidup ini dengan belajar, kaji, pahami Islam yang totalitas agar bangga dengan agamamu. Kenali semua aturan hidup, jauhi diri dari pilah-pilih aturan Ilahi. Ayoo ngaji bareng!!

والله أعلمُ ﺑﺎ ﻟﺼﻮﺍﺏ
“dan Allah lebih tahu yang sebenar-benarnya”

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.