Type Here to Get Search Results !

PEMUDA HEBAT PEMIMPIN PERADABAN


Oleh: Ramsa Sahara

Mendamba pemimpin yang memiliki kehebatan seperti Zaid bin Tsabit yang mempunyai ilmu yang luar biasa. Bisa hafal berbagai bahasa dalam waktu yang cepat. Atau pemuda hebat dan berani seprti Usamah bin Zaid. Pemimpin pasukan jihad sejak belia.

Atau memimpikan lahirnya generasi hebat dalam ilmu sains dan geografi seperti Ar Razi, Al Idrisi dan Imam Ibnu Sina. Juga kehebatan arsiteh handal seperti Mimar Sinan Aga, sang Arsitek Taj mahal India.

Atau yang memiliki kegigihan untuk mencari ilmu dan rela menjelajahi dunia seperti Ibnu Batutah, Laksamana Cheng Ho, atau para ulama perawi hadist. Mereka rela datang ke satu kota yang jauh untuk meneliti dan menerima sanad hadist dari orang terpercaya. Meski harus menyiapkan waktu yang lama dan bekal yang banyak.

Negara kita butuh kehadiran pemimpin bervisi jauh ke depan seperti Salahuddin Al Ayubbi yang jauh-jauh dari Kerajaan Tigrit mengamati dan menyiapkan strategi sehingga bisa taklukan Palestina yang jauh di sana. Atau persiapan dan penggemblengan yang dilakukan oleh orang tua Sultan Mehmed II, hingga menyiapkan dua orang Syaikh yang hebat, agar mampu mendidik dan melahirkan pemimpin terbaik sekaliber Muhammad Al Fatih yang mampu menaklukan Imperium terbesar saat itu, yakni Bizantium.

Kita akhirnya akan menemukan muara dari kehebatan dan kecerdasan pemimpin terbaik itu adalah pendidikan Islam yang paripurna dalam naungan sistem Islam kaffah sehingga mudah mencetak generasi terbaik penakluk di zamannya.

Benarlah apa yang Allah kabarkan dalam firman-Nya, sebagai berikut :

كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ ۗ وَلَوْ ءَامَنَ أَهْلُ الْكِتٰبِ لَكَانَ خَيْرًا لَّهُمْ ۚ مِّنْهُمُ الْمُؤْمِنُونَ وَأَكْثَرُهُمُ الْفٰسِقُونَ
Artinya:
Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma´ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik. (QS. Al-'Imran ayat 110)

Semoga di zaman inilah akan terlahir generasi muda yang hebat yang siap menaklukan kapitalisme, mengumandangkan Islam ke seluruh penjuru bumi. Generasi hebat pemimpin peradaban gemilang. Aamiin.

والله أعلمُ ﺑﺎ ﻟﺼﻮﺍﺏ
“dan Allah lebih tahu yang sebenar-benarnya”

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.