Type Here to Get Search Results !

MANUAL BOOK


Oleh: Eni Imami

Saat kita membeli suatu barang, katakanlah barang elektronik atau Handphone. Di dalam kardus barang tersebut pasti dilengkapi dengan manual book (buku petunjuk pemakaian). Buku ini penting sebagai panduan bagaimana cara penggunaan barang tersebut, jika ada kerusakan hal apa yang harus dilakukan. Dan manual book ini dibuat oleh produsen merek barang tersebut dan hanya untuk barang tersebut. Jadi jangan sampai salah manual book, bisa berakibat fatal.

Kita ini manusia juga barang ciptaan. Sang Produsen (Allah ﷻ) juga menyertakan manual books dalam menjalani kehidupan. Agar hidup berjalan dengan benar, jika terjadi kerusakan bisa segera dibenahi agar tidak berakibat fatal.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

وَاتَّبِعُوا أَحْسَنَ مَا أُنْزِلَ إِلَيْكُمْ مِنْ رَبِّكُمْ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَكُمُ الْعَذَابُ بَغْتَةً وَأَنْتُمْ لَا تَشْعُرُونَ
"Dan ikutilah sebaik-baiknya apa yang telah diturunkan kepadamu (Al-Qur'an) dari Tuhanmu sebelum datang azab kepadamu dengan tiba-tiba, sedang kamu tidak menyadarinya," (Qs. Az-Zumar: 55)

Di dalam tafsir Ibnu Katsir dijelaskan bahwa Al-Qur'an merupakan Kitabullah yang terbaik dari kitab-kitab Allah lainnya yang pernah Dia turunkan kepada manusia. Jadi Al-Qur'an inilah manual book kita. Sebagai petunjuk, panduan hidup yang menjelaskan segala sesuatunya serta menjadi rahmat.

Kita sudah diberikan peringatan untuk mengikuti Al-Qur'an, sebelum datangnya azab yang mengejutkan sedangkan kita tidak menyadarinya. Menjadi pengikut Al-Qur'an berarti siap dipimpin oleh Al-Qur'an. Menjadikan Al-Qur'an sebagai imam akan mengantarkan kita ke surga. Apa kata Al-Qur'an itulah yang benar, itulah yang harus dilaksanakan.

Sebaliknya, jika Al-Qur'an dijadikan makmum sungguh akan mengantarkan kita kepada neraka jahanam. Karena Al-Qur'an hanya digunakan sebagai dalil hawa nafsu saja. Ayat-ayat Al-Qur'an diletakkan di bawah ayat-ayat konstitusi buatan manusia. Sungguh celaka.

Ada 8 hak Al-Qur'an yang harus kita tunaikan, diantaranya:
  • Di imani;
  • Di baca;
  • Di pelajari;
  • Di ajarkan;
  • Di hafalkan;
  • Di pahami;
  • Di laksanakan/amalkan dan;
  • Di perjuangkan menjadi sistem kehidupan. Karena manual books kita adalah Al-Qur'an.

والله أعلمُ ﺑﺎ ﻟﺼﻮﺍﺏ
“dan Allah lebih tahu yang sebenar-benarnya”

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.