Type Here to Get Search Results !

BERTASBIH


Oleh: Yati Azim

Melantunkan tasbih akan sangat indah bila hati kita mengikuti setiap bait yang melisan. Jika manusia memahami urgensi tasbih yang ia lakukan maka ia akan menangis jika lalai dalam bertasbih. Inilah ibadah yang ringan dilakukan, tapi berat pahalanya.

Sebuah nikmat yang tak bisa diungkapkan dengan kata-kata, semakin dilisankan maka semakin sejuk dan indah. Inilah rejeki yang selayaknya kita syukuri. Nikmatnya bak meminum air yang segar setelah dahaga. Didalamnya pun mengandung pahala dan ridhoNya.

Pahala bertasbih ini akan menjadi pahala bagi pengembannya. Sudah dipastikan ia tak akan rugi. Ia tak akan menderita lantaran tasbih yang terus membasahi bibirnya. Yang pasti, aktivitas ini akan membuat Allah ﷻ ridha. Jika Allah ﷻ ridha, maka Allah ﷻ akan sampaikan kepada malaikat Jibril dan malaikat Jibril akan sampaikan kepada seluruh malaikat agar meridhai insan tersebut.

Sungguh Ridha Allah ﷻ inilah yang jika sudah didapatkan akan menjadi baik bagi manusia. Naungan Allah ﷻ akan menyertai setiap langkah insan yang demikian. Cinta Allah ﷻ sudah pasti mengiringi.

Rasul ﷺ bersabda, “Ketika Allah mencintai hamba-Nya, Allah memanggil Malaikat Jibril, (Allah berkata pada Malaikat), ‘Sesungguhnya Allah mencintai si fulan, maka cintailah ia.’ Jibril pun mencintai hamba itu. Malaikat Jibril memanggil para penghuni langit. (Jibril berkata), ‘Sesungguhnya Allah mencintai si fulan, maka aku mencintainya.’ Penghuni langit pun mencintai hamba itu. Kemudian diterima hamba itu di bumi.” (HR Bukhari)

MasyaAllah, yukk mumpung Ramadhan maka inilah waktu terbaik untuk kita meraih perhatian dari Allah ﷻ, malaikat dan seluruh makhluk langit. Jika saja kita tak mengungkap rasa cinta ini dengan bahasa yang indah dalam tasbih dan dzikir lalu bagaimana mungkin Allah ﷻ akan memihak kepada kita, sebab iman itu perlu dilisankan. Lewat lisan inilah yang akan masuk ke hati dan terlihat dalam perbuatan. Sebab, sesungguhnya tak semua manusia mudah untuk istiqamah dalam 'sekedar' bertasbih ini.

وَمِنَ اللَّيْلِ فَسَبِّحْهُ وَأَدْبَارَ السُّجُودِ
"Dan bertasbihlah kamu kepada-Nya di malam hari dan setiap selesai sembahyang." (QS. Qaf Ayat 40)

Inilah seruan Allah ﷻ, jika Allah ﷻ sudah meminta maka ini pasti baik bagi hamba-Nya. Pinta-Nya tak ada yang menyelisihi, pasti akan sangat bermanfaat. Pasti akan sangat menolong.

والله أعلمُ ﺑﺎ ﻟﺼﻮﺍﺏ
“dan Allah lebih tahu yang sebenar-benarnya”

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.