Type Here to Get Search Results !

SEMUA HANYA TITIPAN


Oleh: Mutiara Aini

Pada hakikatnya, kehidupan itu tidak selamanya diwarnai oleh kesenangan. Manusia seringkali menilai kesenangan dengan ukuran materi, harta atau jabatan. Sehingga tidak sedikit orang yang banting tulang siang dan malam, tidak kenal waktu hanya sekadar untuk memperoleh apa yang dianggapnya bisa mendatangkan kebahagiaan dan kebanggaan.

Adakalanya manusia tidak menghiraukan lagi halal dan haram demi memperoleh pandangan sebagai orang yang sukses atas harta dan jabatannya. Padahal, variabel–variabel tersebut tidak otomatis selalu melekat dengan yang namanya kebahagiaan.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

وَمَا أُوتِيتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَمَتَاعُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَزِينَتُهَا ۚ وَمَا عِنْدَ اللَّهِ خَيْرٌ وَأَبْقَىٰ ۚ أَفَلَا تَعْقِلُونَ
wa maaa uutiitum ming syai`ing fa mataa'ul-hayaatid-dun-yaa wa ziinatuhaa, wa maa 'ingdallohi khoiruw wa abqoo, a fa laa ta'qiluun
"Dan apa saja (kekayaan, jabatan, keturunan) yang diberikan kepada kamu, maka itu adalah kesenangan hidup duniawi dan perhiasannya; sedang apa yang di sisi Allah adalah lebih baik dan lebih kekal. Tidakkah kamu mengerti?" (QS. Al-Qasas 28: Ayat 60)

Ayat ini menjelaskan bahwa apa yang diberikan Allah bagi manusia baik berupa harta benda, jabatan, maupun keturunan merupakan kesenangan duniawi. Semuanya hanya titipan Allah. Termasuk anak, istri, suami kita. Tidak ada yang abadi di dunia ini. Semuanya titipan Allah. Tinggal kita mau merenunginya atau tidak?

Kehidupan dunia dengan segala perhiasannya belum tentu menjamin keselamatan dan kebahagiaan. Sebaliknya, pahala yang ada di sisi Allah yang diberikan kepada hamba-hamba-Nya yang taat adalah lebih baik, karena yang demikian itu kekal dan abadi. Berbeda dengan kesenangan duniawi yang dipujanya padahal waktunya terbatas sekali, dan setelah itu habis dan punah.

Kita ambil contoh kejadian sehari-hari yang dialami oleh tukang parkir.

Dilahan parkir, berbagai merek mobil atau motor datang menghampirinya. Dari yang mahal hingga yang murah. Dari yang masih mulus sampai yang sudah penyok. Sesaat saja, tukang parkir bisa menguasai puluhan atau ratusan kendaraan. Ingat, untuk beberapa saat saja!

Begitu juga harta yang kita miliki hari ini, bisa jadi esok atau lusa akan menjadi milik orang lain. Begitupun dengan jabatan yang kita perjuangkan dengan berbagai cara, kalaupun bisa diraih, nantinya akan dilepaskan juga. Semua hanya sementara, semua hanya titipan untuk sementara saja dan akan dimintai pertanggung jawaban dihadapan Allah SWT.

Rasulullah Saw. bersabda, “Tidak akan bergeser dua telapak kaki seorang hamba pada hari kiamat sampai dia ditanya (dimintai pertanggungjawaban) tentang umurnya kemana dihabiskannya, tentang ilmunya bagaimana dia mengamalkannya, tentang hartanya; dari mana diperolehnya dan ke mana dibelanjakannya, serta tentang tubuhnya untuk apa digunakannya.”(HR. Tirmidzi).

Kita tidak memiliki apa-apa jika Allah Swt. tidak memberi dan menghendaki-Nya kepada kita.

Semua orang di dunia ini adalah tamu, sedangkan harta seluruhnya adalah titipan. Semua tamu pasti pergi, sedangkan barang titipan itu harus dikembalikan kepada pemilik” (Ibnu Mas’ud).

Semoga Allah Swt. senantiasa memberikan hidayah-Nya kepada kita, sehingga kita senantiasa menyadari, bahwa segala yang kita miliki hanyalah titipan dari Sang Pencipta dan kelak akan dimintai pertanggungjawaban di hadapan-Nya. Semoga kita termasuk orang yang amanah dalam mengemban amanah, dan hanya dipergunakan pada hal-hal yang Allah ridai. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin~

والله أعلمُ ﺑﺎ ﻟﺼﻮﺍﺏ
“dan Allah lebih tahu yang sebenar-benarnya”

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.