Type Here to Get Search Results !

JAGALAH SHOLATMU, AGAR TIDAK SIA-SIA IBADAHMU


Oleh: Fitria Ratna

حَافِظُوْا عَلَى الصَّلَوٰتِ وَالصَّلٰوةِ الْوُسْطٰى وَقُوْمُوْا لِلّٰهِ قٰنِتِيْنَ
Peliharalah semua salat dan salat wustha. Dan laksanakanlah (salat) karena Allah dengan khusyuk. (QS Al Baqarah ayat 238)

Ayat ini mengingatkan kita agar menjaga sholat kita, terutama pada sholat ashar. Sebagaimana Nabi SAW pernah bersabda:

«بَكِّرُوا بِالصَّلَاةِ فِي يَوْمِ الْغَيْمِ، فَإِنَّهُ مَنْ تَرَكَ صَلَاةَ الْعَصْرِ، فَقَدْ حَبِطَ عَمَلُهُ»
Artinya: Bersegeralah dalam melakukan sholat (yakni di awal waktunya) pada hari yang berawan; karena sesungguhnya barang siapa yang meninggalkan salat Ashar, niscaya amal perbuatannya.

Dalil yang memperkuat pendapat ini diriwayatkan oleh Imam Ahmad, telah menceritakan kepada kami Abu Mu'awiyah, telah menceritakan kepada kami Al-A'masy, dari Muslim, dari Syittir ibnu Syakl, dari Ali yang menceritakan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda dalam Perang Ahzab:

"شَغَلُونَا عَنِ الصَّلَاةِ الْوُسْطَى، صَلَاةِ الْعَصْرِ، مَلَأَ اللَّهُ قُلُوبَهُمْ وَبُيُوتَهُمْ نَارًا". ثُمَّ صَلَّاهَا بَيْنَ الْعِشَاءَيْنِ: الْمَغْرِبِ وَالْعِشَاءِ
Artinya: Mereka menyibukkan kami dari shalat wustha, yaitu salat Asar. Semoga Allah memenuhi hati dan rumah mereka dengan api.

Dari ayat dan berbagai hadis di atas. Maka akan sangat di sayangkan sekali jika kita meninggalkan sholat ashar karena apapun ibadah yang kita lakukan sehari itu maka akan sia-sia karena kita tidak melaksanakan sholat ashar. Tak banyak diantara kita kadang menyepelekan sholat, menundanya, bahkan dengan mudahnya kita meninggalkan sholat. Sungguh sangat di sayangkan sekali.

Semoga dengan ayat dan hadis ini membuat kita semakin menjaga sholat kita, semakin mendekatkan kita dengan Allah. Dan semoga Allah senantiasa menjaga agar kita selalu di jalannya dan melaksanakan perintahnya. Tanpa tapi tanpa nanti. Aamiin ya robbal alamin.

والله أعلمُ ﺑﺎ ﻟﺼﻮﺍﺏ
“dan Allah lebih tahu yang sebenar-benarnya”

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.