Type Here to Get Search Results !

AL HIKMAH KUNCI KEFAHAMAN MEMPELAJARI AGAMA ISLAM DAN KEBERKAHAN


Al-Qur'an surat Al-Baqarah ayat 269:

يُؤْتِى الْحِكْمَةَ مَنْ يَشَآءُ ۚ وَمَنْ يُؤْتَ الْحِكْمَةَ فَقَدْ أُوتِىَ خَيْرًا كَثِيرًا ۗ وَمَا يَذَّكَّرُ إِلَّآ أُولُوا الْأَلْبٰبِ
Artinya:
Allah menganugerahkan al hikmah (kefahaman yang dalam tentang Al Quran dan As Sunnah) kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang dianugerahi hikmah, ia benar-benar telah dianugerahi karunia yang banyak. Dan hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran (dari firman Allah).

Akal merupakan karunia agung yang mesti disyukuri. Akal atau proses berpikir yang hanya ada pada jin dan manusia akan berfungsi optimal jika terus diasah dan diberi nutrisi. Nutrisi ini berupa bacaan bergizi.

Bacaan bergizi mulai dari nomor satu yaitu Al-Qur'an dan As Sunnah yang meliputi hadis Rasulullah ﷺ dan kisah perjalanan dakwah Rasulullah ﷺ yang luar biasa. Tak lupa kisah para sahabat Rasulullah ﷺ yang gigih dalam menyebarkan Islam.

Kita juga sangat membutuhkan ilmu wajib yakni Bahasa Arab sebagai kunci ilmu syariat yang lainnya. Banyak ilmu yang tersimpan dalam kitab ulama semua berbahasa Arab. Dan akan sulit diungkap tanpa memahami bahasa Arab.

Ilmu fikih, ushul fikih dan banyak ilmu yang lainnya. Termasuk ilmu sain dan penguasaan teknologi. Sungguh ilmu seputar Qur'an saja sudah banyak. Tajwid, tahsin, makrijul huruf penting dikuasai agar jadi bekal membaca pesan cinta-Nya.

Bismillah semoga setitik ilmu yang Allah ﷻ titipkan bisa jadi jejak kebaikan. Mari asah kemampuan baca Al-Qur'an, dengan ilmu di dalamnya. Semoga kitalah orang yang Allah ﷻ beri hikmah bisa memahami Al-Qur'an dan hadis dengan baik. Agar bisa disebarkan di tengah masyarakat, sebagai tanda mencintai ajaran Islam dan menyiarkan syariat dari Allah ﷻ.

والله أعلمُ ﺑﺎ ﻟﺼﻮﺍﺏ
“dan Allah lebih tahu yang sebenar-benarnya”

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.