Type Here to Get Search Results !

BAHASA ARAB DAN PERADABAN ISLAM


Oleh: Ramsa

Apa yang jadi alasan antunna ikut kelas malam ini? Silakan tuliskan, ini kurang lebih pertanyaan pembuka yang diajukan ustazah Arik Rahmawati saat memulai kelas literasi yang mengambil tema Bahasa Arab: Tonggak Peradaban Islam.

Kelas pun jadi ramai karena berlomba menulis alasan, cepat-cepatan, yang mampu beri 10 alasan dengan cepat dan menarik hati ustazah dapat hadiah. Masyaallah kelas makin seru karena deretan pertanyaan dan renungan yang disampaikan oleh Pemateri.

Salah satu yang menohok saya adalah seberapa besar cintamu pada bahasa Arab? Sudahkah meluangkan waktu terbaik untuk belajar bahasa Qur'an ini? Ya Allah ternyata diri ini masih belum sungguh-sungguh mencintai bahasa Arab, padahal kelak di alam kubur akan ditanyai malaikat dengan bahasa Qur'an dan bahasa hadis ini.

Bagaimana bukti kalau sudah cinta bahasa Surga? Berkomitmen dan tanggung jawab dengan komitmen yang diucapkan atau dituliskan. Bukankah penyebab lemahnya kaum muslimin dari pemahaman tentang bahasa Arab? Maka kewajiban kita untuk mengkaji lebih dalam agar paham dan bisa membangkitkan peradaban Islam yang agung.

Bukankah kita akan paham pesan cinta Allah jika paham bahasa Arab? Yuk buat komitmen! Jadilah saya berkomitmen bahwa akan berusaha serius agar bisa mahir bahasa Arab dasar maksimal di awal tahun 2024.

Tentu butuh perjuangan dan kesabaran, juga mental kuat untuk menuntut ilmu agar tidak gugur di tengah jalan.

Jazakillah khairan ustazah Arik yang sudah berbagi cinta dan ilmunya seputar bahasa Qur'an dan bahasa wahyu, insyaAllah akan lebih baik menyiapkan waktu dalam belajar. Semoga dimudahkan urusan kita semua.

Jazakillah khairan jaza buat bunda Lilik Yani yang sudah memberi ruang luas buat belajar. Terima kasih buat mba Rya yang sudah memandu acara. Jazakunallah khairan jaza atas kebaikan dan motivasinya.
Tags

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.