Type Here to Get Search Results !

SEPULUH MALAM ISTIMEWA


Oleh: Lia Herasusanti

Ada sepuluh malam yang istimewa yang disebutkan dalam Al-Quran, sebagaimana yang tercantum dalam Qs. Al Fajr : 2,

وَلَيَالٍ عَشْر
"dan malam yang sepuluh"

Terkait dengan ayat ini, ada dua pendapat yang berbeda. Sebagian ulama menyatakan bahwa sepuluh malam itu adalah sepuluh malam terakhir bulan Ramadan. Namun jumhur ulama lainnya berpendapat bahwa sepuluh malam itu adalah 10 hari pertama di bulan Zulhijah, sebagaimana diriwayatkan dari Ibnu 'Abbas ra, dia berkata, bahwa Nabi ﷺ bersabda,

"Tidak ada hari, dimana beramal saleh didalamnya lebih dicintai oleh Allah ﷻ dari pada hari-hari ini, yaitu sepuluh hari pertama dari bukan Zulhijah". Mereka bertanya, "Dan tidak pula berjihad dijalan Allah?" Rasulullah ﷺ bersabda, "Dan tidak pula berjihad dijalan Allah, kecuali seseorang yang keluar berjihad dengan dirinya dan harta bendanya, kemudian dia tidak kembali dengan sesuatu pun darinya". (HR.Bukhari dan Baihaqi)

Mumpung sebentar lagi kita memasuki bulan Zulhijah, yuk gencarkan semua amal saleh yang mampu kita laksanakan. Sholat, puasa, berkurban, berhaji, membaca Al-Qur'an, menuntut ilmu, berbakti pada orang tua, silaturahmi dan lainnya. Jangan lupa prioritas dalam beramal. Utamakan yang wajib, termasuk mahkota kewajiban yakni mendakwahkan Islam kaffah. Semoga jadi wasilah segera terterapkannya aturan Allah di muka bumi ini. Aamiin.

والله أعلمُ ﺑﺎ ﻟﺼﻮﺍﺏ
“dan Allah lebih tahu yang sebenar-benarnya”

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.