Type Here to Get Search Results !

MAAF TAK BISA HADIR, AKU SAKIT


Oleh: Lilik Yani

Agenda dakwah padat, apalagi pengemban dakwahnya bekerja. Di rumah juga tak langsung istirahat, banyak agenda online yang jadi amanahnya. Harapannya sih, dapat tambahan pundi-pundi amal.

Meski tak melibatkan fisik yang harus keluar rumah, tapi membutuhkan pemikiran cemerlang, strategi jitu. Jadilah otak juga harus diputar untuk manage waktu dan tenaga agar semua agenda bisa jalan.

Nah, jika agenda itu tak ada jeda. Setiap hari beragenda, kadang tubuh tua ini juga capek, lelah, butuh istirahat cukup. Ehm, lagi-lagi eman jika mata masih menyala tapi dibuat tidur. Jadilah terus berkarya atau memikirkan masalah umat, sampai tubuh betul-betul letih harus diistirahatakan.

Jadilah kadang badan letih tak berdaya, saat ada agenda penginnya menjawab, "Maaf, saya kurang enak badan, tak bisa hadir."

Kurang enak badan? Seberapa besar tingkat tak enaknya? Apakah masih bisa berjalan dan mau makan? Atau lemah sekali, jika berjalan oleng hampir jatuh?

Coba jujur diri. Jika masih kuat berjalan, pusing dan meriang sedikit tak apalah. Bismillah nekat, berangkat saja jika agenda tak menguras fisik. Apalagi kalau darisah kan tak perlu energi sebesar musrifah. Hehe.

Cari makanan yang berselera agar bisa tambah tenaga. Bisa didoping vitamin, susu, madu, kurma, buah. Wah, jadi tambah pengeluaran ektra. Tak apalah demi kesehatan, agar energi bisa untuk berdakwah.

Itulah solusi yang aku berikan jika menghadapi kendala dakwah berupa kesehatan. Namun jika betul-betul sakit dan perlu terapi dokter, atau alternatif, bolehlah ijin. Dalam hal ini yang paling tahu adalah diri kita sendiri.

Lebih cinta mana, Allah ﷻ atau diri sendiri?

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.