Type Here to Get Search Results !

HIKMAH MEMBERSAMAI ORANG ALIM DAN BERILMU


Oleh: Novel Suharyadi

قال بعضهم: إذا جمع المتعلم العقل والأدب وحسن الفهم، والمعلمُ الصبر والتواضع وحسن الخلق فقد تمت النعم عليهما
Sebagian ulama berkata:
Jika seorang murid (dalam belajarnya) menghimpun akal, adab, dan pemahaman yang baik. Begitu juga guru (dalam mengajarnya) menghimpun sifat sabar, tawadhu', dan akhlak yang baik. Maka dengan begitu sempurnalah kenikmatan bagi keduanya


Kemuliaan Ilmu Dan Orang Yang Berilmu

وقال عليه الصلاة والسلام : من اتكأ على يده عالم كتب الله له بكل خطوة عتق رقبة، و من قبل رأس عالم كتب الله له بكل شعرة حسنة، وتدارس العلم ساعة من الليل افضل من احيائه بغيره و مدارسته افضل من الذكر.
Rosululloh ﷺ bersabda:
"Barangsiapa yang menuntun orang yang berilmu mangka Allah akan menuliskan untuknya dengan setiap langkah kakinya pahala seperti pahala memerdekakan abid, Dan barang siapa yang mencium kepalanya orang 'alim maka Allah akan menuliskan baginya dengan setiap rambutnya kebaikan, Dan mempelajari ilmu satu jam pada malam hari itu lebih utama di bandingkan dengan menghidupkan malam dengan selainnya sedangkan majlis ilmu lebih utama di bandingkan dengan majlis dzikir."

قال الحسن البصري : صرير قلم العالم تسبيح، وكتابه العلم والنظر فيه عبادة، ومداده كدم الشهيد ويحشر مع الانبياء
Imam hasan al-bashri berkata:
Suara goresan penanya orang alim itu adalah tasbih, kitab karyanya adalah ilmu, memandang wajahnya adalah ibadah, tinta penanya setara dengan darahnya orang mati syahid, dan nanti di akherat bakal di kumpulkan bersama para ambiya'.

وقال أبو الليث : من جلس عند عالم ولم يقدر على حفظ شيئ من العلم نال سبع كرمات : فضل المتعلمين، وحبسه عن الذنوب، ونزول الرحمة عليه حال خروجه من بيته، وإذا نزلت الرحمة على أهل الحلقة حصل له نصيبه، ويكتب له طاعة مادام مستمعا، وإذا ضاق قلبه لعد الفهم صار غمه وسيلة إلى حضرة الله تعالى فيرد قلبه عن الفسق ويميل طبعه الى العلم
Abu lais berkata:
Siapa orang yang duduk bersama orang alim dan dia tidak mampu untuk menghafal ilmu yang di utarakan oleh orang alim maka dia tetap mendapatkan 7 kemuliaan :
1. Keutamaan orang belajar.
2. Dia telah menahan dirinya dari berbuat dosa.
3. Dia mendapatkan rohmat Allah ﷻ ketika dia keluar dari rumahnya.
4. Apabila turun rahmat di dalam majlis orang alim tersebut maka dia mendapatkannya juga.
5. Dicatat taat kepada Allah ﷻ semenjak dia mendengarkan ilmu agama.
6. Ketika hatinya sumpek, sedih karena tidak faham dengan pembahasan ilmu orang alim, maka kesumpekannya kegelisahannya menjadi perantara bagi dia menuju ke Allah ﷻ.
7. Dia bakal memalingkan hatinya dari kefasikan, dan kebiasaanya, wataknya bakal condong kepada ilmu.

بغية المسترشدين، ص : ٤
والله سبحانه وتعالى اعلم بالصواب

والله أعلمُ ﺑﺎ ﻟﺼﻮﺍﺏ
“dan Allah lebih tahu yang sebenar-benarnya”

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.