Type Here to Get Search Results !

ALLAH ﷻ MENCIPTAKAN SEGALA KEJADIAN DAN PASANGAN MAHLUK-NYA


Oleh: Ryah Fathyrafaly

Dalam Al-Qur'an surat Az-Zariyat ayat 49 menerangkan :

وَمِنۡ كُلِّ شَىۡءٍ خَلَقۡنَا زَوۡجَيۡنِ لَعَلَّكُمۡ تَذَكَّرُوۡنَ
Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan agar kamu mengingat (kebesaran Allah).

Allah telah menciptakan berbagai peristiwa dengan ciri-ciri yang saling bertentangan dalam bentuk yang berbeda-beda. Artinya, setiap hal berlawanan atau berpasangan dengan yang lain.

Dia menciptakan suka dan duka, hidayah dan kesesatan, siang dan malam, langit dan bumi, hitam dan putih, laut dan darat, kegelapan dan terang, hidup dan mati, surga dan neraka, dan banyak lagi.

Semuanya itu dimaksudkan agar manusia ingat dan sadar serta mengambil pelajaran dari semuanya, sedangkan Allah yang Maha Esa tidak memerlukan pasangan.

Dengan demikian hanya Allah ﷻ yang tidak membutuhkan yang lain. Sehingga mengetahui bahwa Allah-lah Tuhan yang Maha Esa yang berhak disembah dan tak ada sekutu bagi-Nya. Dia-lah yang kuasa menjadikan segala sesuatu dan Dia pulalah yang kuasa untuk memusnahkannya, Dialah yang juga kuasa menciptakan segala sesuatu berpasang-pasang, bermacam-macam jenis dan bentuk, sedangkan mahluk-Nya tidak berdaya dan harus menyadari hal itu.

Allah ﷻ menciptakan segala sesuatunya berpasang-pasangan sebagaimana firman Allah :

فَاطِرُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۚ جَعَلَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَٰجًا وَمِنَ ٱلْأَنْعَٰمِ أَزْوَٰجًا ۖ يَذْرَؤُكُمْ فِيهِ ۚ لَيْسَ كَمِثْلِهِۦ شَىْءٌ ۖ وَهُوَ ٱلسَّمِيعُ ٱلْبَصِيرُ
(Dia) Pencipta langit dan bumi. Dia menjadikan bagi kamu dari jenis kamu sendiri pasangan-pasangan dan dari jenis binatang ternak pasangan-pasangan (pula), dijadikan-Nya kamu berkembang biak dengan jalan itu. Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia, dan Dialah yang Maha Mendengar dan Melihat. (QS. Asy-Syura: 11)

Dialah Tuhan yang menciptakan langit dan bumi dan juga menciptakan hal-hal aneh yang kita lihat, seperti hamparan langit yang luas yang terbentang di atas kepala kita tanpa ada pilar yang menopangnya.

Dia adalah Tuhan, layak dan patut untuk diandalkan dalam segala hal, untuk berdoa memohon bantuan dan pertolongan hanya pada-Nya, Tuhan bukanlah benda yang tidak berdaya dan membutuhkan pertolongan mahluknya. Tapi Tuhan ialah Allah yang menciptakan jodoh bagi manusia yang sejenis, yang satu dijodohkan dengan yang lain, agar generasi yang akan datang dapat memakmurkan dunia ini.

Demikian itu berlaku pula pada binatang ternak yang akhirnya berkembang biak memenuhi kehidupan di bumi.

والله أعلمُ ﺑﺎ ﻟﺼﻮﺍﺏ
“dan Allah lebih tahu yang sebenar-benarnya”

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.