Type Here to Get Search Results !

HUSNUZHON, SU'UZHON DAN KEKUATAN DO'A


Oleh: Ramsa Sahara

Pesan Untuk Putriku
Hidup ini ibarat lapangan pertandingan. Ada permainan yang bisa kita taklukan. Ada juga permainan yang mungkin jauh dari bayangan kita. Tak pernah tahu bagaimana memainkannya. Terkadang kita akan bertemu lawan tanding yang seimbang ataukah lawan tanding yang remeh.

Di pertandingan berikutnya kita akan bertemu lawan yang sangat hebat dan susah terkalahkan. Inilah kehidupan nak, terkadang semua bisa dijalani dengan baik. Terkadang kita berhenti sejenak untuk memikirkan langkah berikutnya. Hidup yang singkat ini butuh ilmu dan kekuatan doa, juga harapan yang tinggi pada pemilik alam raya.

Duhai putriku, engkau kini mulai beranjak dewasa, mulai banyak mempertanyakan segala sesuatu. Tahukah engkau bahwa bisa jadi Allah telah menggariskanmu menjadi harapan utama keluarga. Engkau dipertemukan dengan orang baik dan bisa mengatarkanmu ke gudang ilmu dan pemahaman. Engkau dipilih untuk melawan kerasnya ujian menuntut ilmu. Namun, sadarilah wahai putriku insyaallah engkau kuat menaklukan perjalanan ini.

Duhai putriku tahukah engkau tentang husnuzhon? Iya husnuzhon itu berprasangka baik sama Allah. Berusaha dan berdoa agar Allah memberi yang terbaik. Husnuzhon itu wajib ada dalam hati dan ucapan kita. Agar perilaku kita terus dalam kebaikan. Karena kita yakin Allah akan memberi yang terbaik bagi hamba-Nya yang mau jadi yang terbaik. Yakinlah bahwa engkau bisa jadi yang terbaik.

Engkau jauh di sana untuk menjadi yang terbaik bukan?! Yakinlah dengan pertolongan Allah wahai putriku. Tak perlu memikirkan sesuatu yang belum tentu terjadi. Buanglah jauh-jauh kegalauanmu tentang masa depan.

Ingatlah ada banyak orang sukses bermula dari keyakinan diri bahwa Allah pasti menolong hambanya yang taat, percaya diri dan husnuzhon pada Allah yang menggenggam jiwa dan rizki kita. Jauhi su'uzhon karena itu godaan setan. Su'udzhon akan melemahkanmu dan menjauhkan dari mimpi besarmu.

Bukankah engkau pernah mengatakan ingin jadi ahli tafsir? Ingin bersekolah di Kairo? Kejarlah mimpi itu, wujudkan dengan usaha, perjuangan, doa dan terus bersemangat belajar. Tidak perlu minder dengan kekuranganmu, karena sesungguhnya engkau telah diberi kelebihan oleh Allah. Kami orang tuamu meyakini bahwa engkau mampu. Semangat ya nak.

Bukankah engkau juga tahu janji Allah dalam surat Muhammad ayat 7?

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ تَنْصُرُوا اللَّهَ يَنْصُرْكُمْ وَيُثَبِّتْ أَقْدَامَكُمْ
"Hai orang-orang yang beriman jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu"

Yakin saja nak, engkau berada di tempat yang tepat bersama orang yang sayang padamu. Gunakanlah waktu untuk belajar, belajar dan memantaskan diri dapat pertolongan Allah.

Yuk baca dan pahami pesan cinta Allah berikut dalam surat Ash-Syura ayat 9:

أَمِ اتَّخَذُوا مِنْ دُونِهِ أَوْلِيَاءَ ۖ فَاللَّهُ هُوَ الْوَلِيُّ وَهُوَ يُحْيِي الْمَوْتَىٰ وَهُوَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ
"Atau patutkah mereka mengambil pelindung-pelindung selain Allah? Maka Allah, Dialah pelindung (yang sebenarnya) dan Dia menghidupkan orang-orang yang mati, dan Dia adalah Maha Kuasa atas segala sesuatu."

Wahai anakku sayang, jadikan Allah sebagai penolong dan pelindungmu, ingatlah Allah dengan mudah bisa mengubah segala kondisi kita, asal kita mau berusaha dan yakin akan kekuasaan-Nya. Tak ada yang tak mungkin bagi Allah. Syaratnya perbaiki saja kualitas iman, dan amalmu. Urusan rezki, ilmu dan segala hal lainnya Allah yang berikan. Insyaallah.

Ummi, Abi di sini akan terus berupaya mendoakanmu, memotivasimu agar bisa menjadi yang terbaik, jadi permata di tengah keluarga. Kuatkan saja azzammu dan langitkan doa-doa terbaik dalam sujud malammu, agar mimpi-mimpi dan harapanmu dikabulkan.

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.