Type Here to Get Search Results !

MUDAH DENGAN AL-QUR'AN


Oleh: Yati Azim

Jika ada yang masih beranggapan Al-Qur'an itu mempersulit, artinya individu tersebut belum paham dengan arti penting Al-Qur'an bagi hidupnya. Tapi, secara fakta menang masih banyak yang berselisih dengan Al-Qur'an ini. Sebabnya apa, karena belum paham.

Jika kemudian ia mau mencoba menancapkan pemahaman yang mendalam, maka tak ada sedikitpun kesulitan yang didapatkan dalam mengamalkan isi kandungan Al-Qur'an. Justru Al-Qur'an ini sangat memudahkan dirinya dalam menjalankan kehidupan.

Al-Qur'an Allah ﷻ turunkan tepat di bulan suci Ramadhan, Ayat-ayat-Nya sungguh menakjubkan. Ia sebagai petunjuk. Ia pasti akan mengeluarkan manusia dari kegelapan menuju cahaya. Menerapkannya akan membawa insan tersebut pada perubahan hakiki.

وَلَقَدْ يَسَّرْنَا الْقُرْآنَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِنْ مُدَّكِرٍ
"Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al Quran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?" (TQS. Al-Qomar: 32)

Ketika kita masih menyelisih dengan ayat-ayat-Nya, maka dalam kurun masa yang demikian ia akan terus berada dalam wilayah yang berat. Ia akan mudah menyerah dengan keadaan. Betapa sayangnya, jika hal itu terjadi pada kita. Padahal Al-Qur'an sangat relevan dalam menyelesaikan segala macam bentuk persoalan.

Jika di dalam Al-Qur'an ada banyak peringatan, itu justru warning agar individu tersebut tidak salah dalam mengambil sikap. Allah ﷻ sudah siapkan rambu-rambunya sebelum sebuah perjalanan kehidupan kita lalui. Seperti di jalan raya misalnya, bayangkan jika di depan sana tak ada petunjuk rambu-rambu lalu lintas? Tak ada arahan informasi, itu justru akan lebih mempersulit kita yang lagi melakukan proses mudik misalnya.

Atau ketika kita membeli alat elektronik, bukankah didalamnya lengkap dengan buku petunjuk. Katakanlah membeli handphone, maka perusahaan handphone akan menerbitkan buku petunjuk penggunaan handphone tersebut. Tujuannya, agar kita tidak asal utak-atik tanpa petunjuk. Jika tidak, bisa saja handphone tersebut cepat rusak. Bukankah itu kesia-siaan?

Begitupun kita. Ketika Allah ﷻ menciptakan kita, maka lengkap dengan Al-Qur'an sebagai kitab yang akan mengarahkan. Ia petunjuk bagi kita selama hidup di dunia ini. Tujuannya, agar kita tidak salah, tidak cidera, tidak tersesat, dll. Maka, beruntung jika hidup kita dijalankan sesuai Al-Qur'an ini. Semoga kita istiqamah dalam mengambil Al-Qur'an sebagai satu-satunya the guide book. Petunjuk bagi manusia. Petunjuk yang memudahkan segala urusan.

والله أعلمُ ﺑﺎ ﻟﺼﻮﺍﺏ
“dan Allah lebih tahu yang sebenar-benarnya”

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.