Type Here to Get Search Results !

KEUTAMAAN INFAQ DI BULAN RAMADHAN


Oleh: Enny Ummu Almira

Alhamdulillah kita sudah memasuki bulan Ramadhan, meski ada perbedaan penentuan awal puasa, semoga tidak mengurangi semangat kita dalam meraih keutamaan bulan Ramadhan. Diantara keutamaan-keutanaannya adalah dilipatgandakannya pahala dari setiap amal yang kita lakukan di bulan Ramadhan.

Seperti dalam juz 3 kali ini, di awal juz tepatnya di ayat-ayat terakhir surat Al Baqarah yang banyak membahas tentang infaq. Seperti yang sudah kita ketahui infaq adalah menyisihkan sebagian harta pemberian Allah Subhanahu Wata'ala untuk di berikan kepada yang berhak menerimanya.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَنْفِقُوا مِمَّا رَزَقْنَاكُمْ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَ يَوْمٌ لَا بَيْعٌ فِيهِ وَلَا خُلَّةٌ وَلَا شَفَاعَةٌ ۗ وَالْكَافِرُونَ هُمُ الظَّالِمُونَ
"Hai orang-orang yang beriman, belanjakanlah (di jalan Allah) sebagian dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari yang pada hari itu tidak ada lagi jual beli dan tidak ada lagi syafa'at. Dan orang-orang kafir itulah orang-orang yang zalim." (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 254)

Jika di bulan-bulan lain saja sudah berlipatganda pahalanya, apalagi di bulan Ramadhan.

مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ
"Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui." (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 261)

وَمَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمُ ابْتِغَاءَ مَرْضَاتِ اللَّهِ وَتَثْبِيتًا مِنْ أَنْفُسِهِمْ كَمَثَلِ جَنَّةٍ بِرَبْوَةٍ أَصَابَهَا وَابِلٌ فَآتَتْ أُكُلَهَا ضِعْفَيْنِ فَإِنْ لَمْ يُصِبْهَا وَابِلٌ فَطَلٌّ ۗ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ
"Dan perumpamaan orang-orang yang membelanjakan hartanya karena mencari keridhaan Allah dan untuk keteguhan jiwa mereka, seperti sebuah kebun yang terletak di dataran tinggi yang disiram oleh hujan lebat, maka kebun itu menghasilkan buahnya dua kali lipat. Jika hujan lebat tidak menyiraminya, maka hujan gerimis (pun memadai). Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu perbuat." (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 265)

Meski masih banyak yang belum memahami hakikat atau makna dari infaq ini, di mana mereka memakai perhitungan manusia yang menyimpulkan dengan berzakat harta akan berkurang. Padahal itu hanyalah bisikan setan semata.

الشَّيْطَانُ يَعِدُكُمُ الْفَقْرَ وَيَأْمُرُكُمْ بِالْفَحْشَاءِ ۖ وَاللَّهُ يَعِدُكُمْ مَغْفِرَةً مِنْهُ وَفَضْلًا ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ
"Syaitan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir); sedang Allah menjadikan untukmu ampunan daripada-Nya dan karunia. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengatahui." (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 268)

Rasulullah ﷺ adalah manusia paling dermawan. Dan puncak kedermawanan beliau itu di bulan Ramadhan. Imam Syafi’i mengatakan dari hadits Rasulullah ﷺ tersebut, kita diminta untuk menambah infaq, sedekah di bulan Ramadhan.

Beberapa keutamaan infaq dan sedekah di bulan Ramadhan antara lain:

1. Didoakan malaikat
مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا ، وَيَقُولُ الآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا
“Ketika hamba berada di setiap pagi, ada dua Malaikat yang turun dan berdoa, “Ya Allah berikanlah ganti pada yang gemar berinfak.” Malaikat yang lain berdoa, “Ya Allah, berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah.” (HR Bukhari dan Muslim).

2. Menjadi orang yang bertaqwa kepada Allah
Orang yang berinfaq, bersedekah ketika lapang dan ketika susah hanya ingin mendapat ridho Allah ﷻ, maka menjadi orang yang bertaqwa kepada Allah ﷻ. Tujuan puasa Ramadhan adalah untuk menjadi orang yang bertaqwa kepada Allah ﷻ dengan berinfaq dan bersedekah.

3. Punya mental suka memberi
Bila benar-benar terwujud taqwa kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala maka akan menjadi manusia yang punya mental suka memberi walaupun kondisinya dalam keadaan susah.

4. Bisa hidup sederhana
Nabi Muhammad ﷺ dalam memilih kehidupan senantiasa bersahaja dan sederhana. Dan orang-orang yang beriman tidak menunggu untuk kaya dalam berinfaq dan bersedekah.

5. Dapat mengamalkan hadits Rasul
Bulan Ramadhan adalah waktu yang sangan tepat untuk dapat mengamalkan hadits Rasulullah ﷺ,

عَنْ حَكِيْمِ بْنِ حِزَامٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : اَلْيَدُ الْعُلْيَا خَيْرٌ مِنَ الْيَدِ السُّفْلَى، وَابْدَأْ بِمَنْ تَعُوْلُ، وَخَيْرُ الصَّدَقَةِ عَنْ ظَهْرِ غِنًى، وَمَنْ يَسْتَعْفِفْ يُعِفَّهُ اللهُ، وَمَنْ يَسْتَغْنِ يُغْنِهِ اللهُ
Dari Hakîm bin Hizâm Radhiyallahu anhu, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam , Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Tangan yang di atas lebih baik daripada tangan yang di bawah. Dan mulailah dari orang yang menjadi tanggunganmu. Dan sebaik-sebaik sedekah adalah yang dikeluarkan dari orang yang tidak membutuhkannya. Barangsiapa menjaga kehormatan dirinya maka Allâh akan menjaganya dan barangsiapa yang merasa cukup maka Allâh akan memberikan kecukupan kepadanya.” (Imam al-Bukhâri [no. 1427] dan Muslim no.1053 [124])

Allah ﷻ berfirman,

الَّذِينَ يُنْفِقُونَ فِي السَّرَّاءِ وَالضَّرَّاءِ وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ ۗ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ
"(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan." (QS. Ali Imran 3: Ayat 134)

Yang perlu diantisipasi dan diwaspadai yaitu saat membagikan atau memberikan infaq ini agar menjaga dan meluruskan niat untuk tetap ikhlas karena Allah ﷻ. Apalagi di jaman medsos seperti sekarang ini, di mana orang bebas mengekspos apapun yang kita lakukan.

Dan yang dikhawatirkan adalah saat berbagi dijadikan sebagai konten YouTube atau media sosial lainnya, memang di satu sisi bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang, tapi mudah-mudahan tidak menimbulkan penyakit hati yang bisa merusak amal kita.

إِنْ تُبْدُوا الصَّدَقَاتِ فَنِعِمَّا هِيَ ۖ وَإِنْ تُخْفُوهَا وَتُؤْتُوهَا الْفُقَرَاءَ فَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ ۚ وَيُكَفِّرُ عَنْكُمْ مِنْ سَيِّئَاتِكُمْ ۗ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ
"Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan." (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 271)

Dijelaskan bahwa boleh melakukan infaq baik secara sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan, dan lebih baik bagi yang menyembunyikannya karena lebih aman dari sifat riya.

الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ بِاللَّيْلِ وَالنَّهَارِ سِرًّا وَعَلَانِيَةً فَلَهُمْ أَجْرُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ
"Orang-orang yang menafkahkan hartanya di malam dan di siang hari secara tersembunyi dan terang-terangan, maka mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati." (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 274)

Semoga kita diberi kelebihan rizqi dan dimudahkan dalam berinfak terutama di bulan Ramadhan yang mulia ini, Aamiin.

والله أعلمُ ﺑﺎ ﻟﺼﻮﺍﺏ
“dan Allah lebih tahu yang sebenar-benarnya”

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.