Type Here to Get Search Results !

JAUHI BUDAYA SYIRIK


Oleh: Emmy Emmalya

Sungguh miris negeri yang dikenal berpenduduk mayoritas muslim tapi budaya klenik masih saja dibiarkan. Seperti yang sedang ramai diperbincangkan oleh para netizen terkait ritual klenik yang terjadi di sirkuit mandalika.

Dalam video itu digambarkan bagaimana prosesi klenik dilakukan untuk menghentikan hujan, seakan-akan hujan itu bisa dikendalikan oleh manusia dan syetan.

Padahal apa yang nyata dan ghoib itu berada dalam kekuasaan Allah ﷻ. Sebagaimana firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala dalam surat An-Naml 27: Ayat 65:

قُلْ لَّا يَعْلَمُ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَا لْاَ رْضِ الْغَيْبَ اِلَّا اللّٰهُ ۗ وَمَا يَشْعُرُوْنَ اَيَّا نَ يُبْعَثُوْنَ
"Katakanlah (Muhammad), "Tidak ada sesuatu pun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang gaib, kecuali Allah. Dan mereka tidak mengetahui kapan mereka akan dibangkitkan."

Dalam ayat ini sangat jelas Allah ﷻ menerangkan hanya Dia-lah yang Maha Kuasa dan Maha Mengetahui sedangkan manusia dan jin hanyalah makhluk ciptaan Allah yang serba terbatas dan lemah.

Inilah mengapa umat Islam memerlukan institusi yang mengedukasi aqidah mereka sehingga umat Islam tidak terjerumus dalam jurang kemusyrikan.

Perbuatan menyekutukan Allah ﷻ adalah perbuatan syirik yang diharamkan dalam Islam. Maka, jangan sampai umat Islam ikut-ikutan dalam ritual yang mengandung unsur kesyirikan.

Segala apa yang ada di dunia ini nampak ataupun tidak nampak itu semua berada dalam genggaman Allah ﷻ dan Allah Maha Kuasa dan Maha Mengetahui.

والله أعلمُ ﺑﺎ ﻟﺼﻮﺍﺏ
“dan Allah lebih tahu yang sebenar-benarnya”

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.