Type Here to Get Search Results !

JAHANAM: SEBURUK-BURUK TEMPAT


Oleh: Wina

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

إِنَّهَا سَاءَتْ مُسْتَقَرًّا وَمُقَامًا
Sesungguhnya jahannam itu seburuk-buruk tempat menetap dan tempat kediaman.(QS. Al-Furqon ayat 66)

Bila ada yang bertanya, dimanakah tempat yang paling buruk di dunia? Kira-kira kita mau menjawab apa ya? Mungkin penjara Guantanamo yang sudah terkenal kesadisan dan kengeriannya. Atau mungkin tempat yang kelak dihinggapi Dajjal.

Mengapa tempat yang dilewati Dajjal adalah tempat terburuk? Sebab Dajjal akan mengelabui manusia dengan fitnahnya yang luar biasa.

Rasulullah ﷺ bersabda:

لأنَا أَعْلَمُ بِمَا مَعَ الدَّجَّالِ مِنْهُ : مَعَهُ نَهْرَانِ يَجْرِيَانِ أَحَدُهُمَا رَأْيَ الْعَيْنِ مَاءٌ أَبْيَضُ وَالآخَرُ رَأْيَ الْعَيْنِ نَارٌ تَأَجَّجُ ، فَإِمَّا أَدْرَكَنَّ أَحَدٌ فَلْيَأْتِ النَّهْرَ الَّذِي يَرَاهُ نَارًا وَلْيُغَمِّضْ ثُمَّ لْيُطَأْطِئْ رَأْسَهُ فَيَشْرَبَ مِنْهُ فَإِنَّهُ مَاءٌ بَارِدٌ
"Sungguh, aku tahu apa yang ada bersama Dajjal, bersamanya ada dua sungai yang mengalir. Salah satunya secara kasat mata berupa air putih, dan yang lainnya secara kasat mata berupa api yang bergejolak. Bila ada yang menjumpainya, hendaklah mendatangi yang ia lihat berupa api dan hendaklah menutup mata, kemudian hendaklah menundukkan kepala lalu meminumnya. Karena, sesungguhnya itu adalah air dingin." (HR Muslim)

Dajjal dengan bantuan setan akan memberikan 'surga' bagi manusia-manusia yang mau tunduk padanya. Sedangkan bagi mereka yang tetap beriman kepada Allah ﷻ seraya mengingkari kekuatan Dajjal maka ia akan memberikannya 'Neraka'. Itulah maksud hadist di atas. Airnya Dajjal adalah apinya dan sebaliknya.

Meskipun Dajjal hanya hidup selama empat puluh hari, namun ia mampu berkeliling ke seluruh dunia karena ia mampu berpindah-pindah secepat angin.

Pada saat itu waktu terasa sangat lama. Hari pertama seperti setahun, hari kedua seperti sebulan, kemudian hari ketiga seperti seminggu, dan sisa harinya seperti hari-hari biasanya. Bayangkan fitnah seperti apa yang akan terjadi pada masa itu. Naudzubillahi min dzalik.

Jika kita membaca beberapa literatur, di dunia ini ternyata ada tempat yang sangat buruk bahkan untuk sekedar dilewati. Misalnya sungai mendidih: Shanay-Timpishka di kedalaman hutan hujan Amazon. Sungai ini sangat panas, suhunya bisa mencapai 91 derajat Celcius (196 derajat Fahrenheit). Dengan suhu itu, apapun yang masuk ke sungai bisa hangus karena terlihat airnya.

Ada lagi Movile Cave di Rumania yaitu gua beracun. Di dalam gua ini terdapat danau “air belerang,” dan udara di dalamnya beracun yang mengandung hidrogen-sulfida dan 100 kali lebih banyak karbon dioksida daripada di permukaan.

Ada lagi Karachay di Rusia yaitu danau radioaktif tertinggi di Bumi. Tingkat radioaktivitasnya sangat tinggi. Siapapun yang berada di sana selama satu jam ia akan tewas terkena radiasi.

Meskipun ada seburuk-buruknya tempat di dunia, ternyata Allah ﷻ mengabarkan kepada kita bahwa tempat yang paling buruk untuk didiami adalah neraka Jahannam. Neraka itu diperuntukkan bagi mereka yang durhaka kepada Allah ﷻ.

Seperti apa gambaran tempat yang paling buruk untuk ditinggali itu?

Suatu kali, Fatimah, putrinya Rasulullah ﷺ pernah bertanya kepada Rasulullah tentang pintu-pintu neraka. Kemudian Rasulullah ﷺ bersabda:

"Wahai Fathimah, sesungguhnya pintu neraka yang paling ringan itu setara dengan 70 ribu gunung dari api dan pada setiap gunung tersebut terdapat 70 ribu lembah api, lalu pada tiap-tiap lembah itu terdapat 70 juta sumber api yang masing-masing berisi sejuta kota. Kemudian, pada setiap kota tersebut terdapat 70 juta istana api. Lalu, pada tiap-tiap rumah itu terdapat 70 juta ruangan api yang berisi 70 juta peti api, dan pada setiap api itu terdapat 70 juta jenis siksaan yang berbeda satu sama lain" (HR. Bukhari)

Abu Hurairah meriwayatkan, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda: "Api yang kalian nyalakan di dunia ini adalah hanya satu bagian dari tujuh puluh bagian panasnya api neraka jahannam. Para sahabat bertanya; 'Demi Allah, yang ini saja (nyala api di dunia) sudah cukup (untuk menghanguskannya) ya Rasulullah?' Beliau ﷺ bersabda; 'sesungguhnya panasnya itu masih lebih enam puluh sembilan lagi, masing-masing dari semua bagian (dari enam puluh sembilan itu) memiliki tingkat kepanasan yang sama (seperti panasnya api di dunia yang hanya satu bagian saja)." (HR. Bukhari dan Muslim).

Disebutkan di dalam riwayat lain, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

"Andaikan orang yang ada di dalam neraka jahanam atau penghuni neraka itu, dikeluarkan tangannya kepada penduduk dunia, niscaya tebakarlah dunia karena sangat panasnya api neraka itu"

Api Neraka Jahanam itu terus bergejolak menyambar-nyambar. Kobarannya tidak pernah padam. Bahkan tiap kali redup, akan ditambah lagi nyalanya. Sebagaimana firman Allah dalam QS. Al-Isra’: 97: 

وَمَنْ يَهْدِ اللَّهُ فَهُوَ الْمُهْتَدِ ۖ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَنْ تَجِدَ لَهُمْ أَوْلِيَاءَ مِنْ دُونِهِ ۖ وَنَحْشُرُهُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ عَلَىٰ وُجُوهِهِمْ عُمْيًا وَبُكْمًا وَصُمًّا ۖ مَأْوَاهُمْ جَهَنَّمُ ۖ كُلَّمَا خَبَتْ زِدْنَاهُمْ سَعِيرًا
Dan barangsiapa yang ditunjuki Allah, dialah yang mendapat petunjuk dan barangsiapa yang Dia sesatkan maka sekali-kali kamu tidak akan mendapat penolong-penolong bagi mereka selain dari Dia. Dan Kami akan mengumpulkan mereka pada hari kiamat (diseret) atas muka mereka dalam keadaan buta, bisu dan pekak. Tempat kediaman mereka adalah neraka jahannam. Tiap-tiap kali nyala api Jahannam itu akan padam, Kami tambah lagi bagi mereka nyalanya. (QS. Al-Isra’ 17: 97)

Bukan itu saja, di dalam Neraka Jahanam juga banyak binatang-binatang buas yang sangat ganas dan mengerikan.

Abdullah bin Jabir meriwayatkan dari Rasulullah SAW, bahwa Beliau bersabda: "Sesungguhnya di dalam neraka terdapat ular-ular, seperti leher unta, dan di dalam neraka juga terdapat kalajengking seperti keledai..."

Diterangkan dalam suatu riwayat bahwa di dalam neraka terdapat tujuh puluh ribu jurang, pada setiap jurang terdapat tujuh puluh ribu titik nyala api yang bergejolak, setiap titik api terdapat tujuh puluh ribu kampung. Setiap kampung terdiri tujuh puluh ribu rumah dari api, pada tiap-tiap rumah terdapat tujuh puluh ribu ular dan kalajengking yang ganas lagi berbisa. Setiap kalajengking mempunyai tujuh puluh ribu ekor untuk menyengat dan menggigit.

Makanan para penghuni neraka itu adalah pohon zaqqum dan minumnya air panas. Sebagaimana digambarkan dalam Qs. Al-Waqiah: 51-56:

ثُمَّ إِنَّكُمْ أَيُّهَا الضَّالُّونَ الْمُكَذِّبُونَ
Kemudian sesungguhnya kamu hai orang-orang yang sesat lagi mendustakan,

لَآكِلُونَ مِنْ شَجَرٍ مِنْ زَقُّومٍ
benar-benar akan memakan pohon zaqqum,

فَمَالِئُونَ مِنْهَا الْبُطُونَ
dan akan memenuhi perutmu dengannya.

فَشَارِبُونَ عَلَيْهِ مِنَ الْحَمِيمِ
Sesudah itu kamu akan meminum air yang sangat panas.

فَشَارِبُونَ شُرْبَ الْهِيمِ
Maka kamu minum seperti unta yang sangat haus minum.

هَٰذَا نُزُلُهُمْ يَوْمَ الدِّينِ
Itulah hidangan untuk mereka pada hari Pembalasan".

Selain itu, aktivitas para penghuni neraka ini tidak lain dan tidak bukan adalah mendapatkan siksaan yang amat pedih. Sebagaimana firman Allah ﷻ dalam QS. Annisa ayat 56:

إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا بِآيَاتِنَا سَوْفَ نُصْلِيهِمْ نَارًا كُلَّمَا نَضِجَتْ جُلُودُهُمْ بَدَّلْنَاهُمْ جُلُودًا غَيْرَهَا لِيَذُوقُوا الْعَذَابَ ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَزِيزًا حَكِيمًا
Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Kami, kelak akan Kami masukkan mereka ke dalam neraka. Setiap kali kulit mereka hangus, Kami ganti kulit mereka dengan kulit yang lain, supaya mereka merasakan azab. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (QS. Annisa 4: 56)

Tidak ada sedikitpun dari tubuh penghuni neraka itu yang tersisa dan tidak terbakar oleh api neraka, baik tubuh bagian luar maupun bagian dalam. Semuanya dilumat dan dimakan oleh api neraka baik yang berupa kulit, daging, tulang belulang, otak, jantung, hati dan semua isi perut mereka, akan menjadi santapan api yang menyala-nyala itu. Naudzubilahi mindzalik.

Jika demikian buruknya gambaran neraka Jahannam itu, masihkah kita mau melakukan kemaksiatan?

والله أعلمُ ﺑﺎ ﻟﺼﻮﺍﺏ
“dan Allah lebih tahu yang sebenar-benarnya”

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.