Type Here to Get Search Results !

KISAH UMAT DAHULU SEBAGAI PERINGATAN BAGI UMAT ISLAM SAAT INI


Oleh: Emmy Emmalya

Kisah-kisah yang termaktub dalam Al-Qur'an menjadi kabar bagi umat yang datang setelahnya sekaligus menjadi peringatan agar tidak melakukan perbuatan serupa.

Tapi umat Islam saat ini lebih banyak terpengaruh dan termakan propaganda barat ditambah lagi buta akan sejarah, sehingga kondisi umat Islam saat ini tidak berbeda jauh dengan kondisi umat di masa lalu.

Mendustakan ajaran Nabi-nya dan menentang risalah yang dibawanya adalah fenomena yang banyak kita saksikan saat ini. Apa bedanya dengan umat terdahulu yang menganggap para Nabi sebagai pembohong dengan umat saat ini yang melecehkan ajaran Islam dan para pengembannya.

Umat Islam saat ini sebagian besar tidak menyakini bahwa syariat yang dibawa para Nabi merupakan petunjuk dalam memecahkan segala permasalahan yang dihadapi manusia.

Umat Islam saat ini lebih percaya pada ajaran Montesquieu dalam mengatur tatanan kehidupannya daripada ajaran Islam yang dibawa oleh Rasulullah Muhammad ﷺ yang hakikatnya berasal dari Allah ﷻ.

Padahal ajaran Islam yang termaktub dalam Al-Qur'an itu bukanlah suatu ajaran yang dibuat-buat tapi dia berasal dari Sang Maha Pemberi Kehidupan yaitu Allah ﷻ.

Sebagaimana firman Allah dalam surat Yusuf Ayat 110 dan 111 berikut:

حَتّٰۤى اِذَا اسْتَيْـئَسَ الرُّسُلُ وَظَنُّوْۤا اَنَّهُمْ قَدْ كُذِبُوْا جَآءَهُمْ نَصْرُنَا ۙ فَـنُجِّيَ مَنْ نَّشَآءُ ۗ وَلَا يُرَدُّ بَأْسُنَا عَنِ الْقَوْمِ الْمُجْرِمِيْنَ (١١٠)
لَـقَدْ كَا نَ فِيْ قَصَصِهِمْ عِبْرَةٌ لِّاُولِى الْاَ لْبَا بِ ۗ مَا كَا نَ حَدِيْثًا يُّفْتَـرٰى وَلٰـكِنْ تَصْدِيْقَ الَّذِيْ بَيْنَ يَدَيْهِ وَتَفْصِيْلَ كُلِّ شَيْءٍ وَّهُدًى وَّرَحْمَةً لِّـقَوْمٍ يُّؤْمِنُوْنَ (١١١)
"Sungguh, pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang yang mempunyai akal. (Al-Qur'an) itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya, menjelaskan segala sesuatu, dan (sebagai) petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman. Sehingga apabila para rasul tidak mempunyai harapan lagi (tentang keimanan kaumnya) dan telah meyakini bahwa mereka telah didustakan, datanglah kepada mereka (para rasul) itu pertolongan Kami, lalu diselamatkan orang yang Kami kehendaki. Dan siksa Kami tidak dapat ditolak dari orang yang berdosa."

والله أعلمُ ﺑﺎ ﻟﺼﻮﺍﺏ
“dan Allah lebih tahu yang sebenar-benarnya”

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.