Type Here to Get Search Results !

AKHLAK RASULULLAH ﷺ


Oleh: Iha Bunda Khansa

Akhlak (budi pekerti) adalah bagian dari syariat Islam, dan sebaik-baik akhlak adalah akhlak bagaimana Nabiyullah Muhammad shalallahu alaihi wasallam.

Ketika membaca surat Al-Qolam ayat ke 4, Allah ﷻ berfirman bahwa Rasulullah ﷺ adalah mempunyai akhlak yang luhur.

وَاِ نَّكَ لَعَلٰى خُلُقٍ عَظِيْمٍ
wa innaka la'alaa khuluqin 'azhiim
"Dan sesungguhnya engkau benar-benar, berbudi pekerti yang luhur." (QS. Al-Qalam 68: Ayat 4)

Surat Al qolam ayat ke 4 kelanjutan dari ayat sebelumnya, yang menjelaskan tentang Rasulullah bahwasanya Nabi Muhammad ﷺ bukanlah orang gila.

Sungguh Al-Qur'an benar-Kalamullah, tidak ada keraguan lagi di dalamnya, kesempurnaan dan kelengkapan isinya sebagai pedoman, petunjuk bagi manusia yang meyakini.

Tentang akhlak Rasulullah ﷺ, dalam beberapa hadis yang dijelaskan dalam tafsir Ibnu Katsir antara lain:


1. Akhlak Rasulullah adalah Al Qur'an

Dari Qatadah, Aisyah pernah ditanya tentang akhlak Rasulullah ﷺ. maka ia menjawab: “Akhlak beliau adalah al-Qur’an.

Karena Rasullullah ﷺ menjalankan apa saja yang Allah ﷻ perintahkan dan meninggalkan apa yang dilarang. Beliau mempunyai akhlak yang sangat agung yaitu rasa malu, pemurah, pemberani, pemberi maaf lagi sabar, serta semua akhlak, dan akhlak yang mulia.

Dalam kitab ash-shahihain dari Anas, dia berkata: “Aku pernah melayani Rasulullah ﷺ selama sepuluh tahun, selama itu pula beliau tidak pernah mengatakan: ‘Ah’, sama sekali kepadaku. Dan tidak juga beliau mengomentari sesuatu yang aku kerjakan dengan mengatakan: ‘Mengapa engkau mengerjakan itu?’ dan juga tentang sesuatu yang belum aku kerjakan, dengan mengatakan: ‘Mengapa engkau tidak mengerjakannya?’ Rasulullah ﷺ adalah orang yang paling baik akhlaknya”.


2. Jujur

Rasulullah ﷺ selalu menanamkan kejujuran dalam segala hal. Karena itu, Nabi ﷺ mendapat julukan Al-Amin yang artinya orang yang dapat dipercaya.

Nabi ﷺ sebelum menjadi Rasul telah diberikan gelar Al-Amin yang berarti dipercaya.

Salah satu buktinya ketika beliau menjadi pemimpin kaum muslimin di Madinah beliau adalah sebaik-baiknya contoh pemimpin yang menjalankan hukum-hukum Allah ﷻ.


3. Sederhana

Beliau tidak pernah memakai kain bulu yang ditenun dan sutera. Tidak ada yang lebih lembut dari telapak tangan Rasulullah ﷺ. Dan aku tidak pernah mencium bau harum dan wangi-wangian yang lebih wangi dari keringat Rasulullah ﷺ.


4. Rasullullah ﷺ adalah Qori terhebat

Rasulullah ﷺ adalah seorang Nabi pembawa risalah sekaligus Qari' terhebat. Dalam satu riwayat disebutkan, beliau mampu mendengungkan suara yang indah tatkala membaca Al-Qur'an. Suatu ketika beliau pernah mendengungkan suaranya dengan irama yang sangat memukau.

Telah menceritakan kepada kami Muḥammad bin Abdullah bin Numair telah menceritakan kepada kami Bapakku telah menceritakan kepada kami Mis'ar dari 'Adi bin Ṡabit dia berkata, Saya mendengar al-Bara' bin 'Azib berkata, "Saya mendengar Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dalam Salat Isya membaca Surat at-Tin waz-Zaituun dan tidaklah saya mendengar suara yang lebih bagus daripadanya." (HR Muslim)

Masya Allah ...

Allahumma sholli a'la sayyidina Muhammad

Dari penjelasan di atas, beberapa contoh akhlak Rasulullah ﷺ, kalau dijabarkan akan banyak sekali.

Yang sering dilupakan bahwa Nabiyullah Muhammad ﷺ adalah seorang pemimpin yang menerapkan aturan Islam secara keseluruhan, ketika pertamakali menjadi pemimpin kaum muslimin di Madinah. Beliau juga sebagai panglima perang. Dalam menjalankan kepemimpinannya dengan dua orang pembantu (muawwin) adalah sahabatnya Abu Bakar As-sidiq Ra dan Umar bin Khattab Ra.

Dengan Kepemimpinan beliau dilanjutkan masa Khulafaur Rasyidin aturan Islam menyebar ke seluruh penjuru, dua pertiga dunia pernah berada dalam kekuasaan kaum muslimin, peradaban Islam menguasai dunia. Namun sejak tahun 1924 peradaban Islam runtuh dikuasai oleh sistem kapitalis sekular melalui tangan penghianat agen Inggris Kemal Attaturk .

Oleh karenanya, tidak ada alasan lain, umat Islam berusaha mengembalikan kejayaan Islam. Menghancurkan sistem kapitalis yang telah terbukti membawa banyak kesengsaraan.

Apakah hukum Jahiliah yang kamu cari?

Tentu sebagai kaum muslimin kita harus mencontoh akhlak Rasulullah ﷺ, menjadikan Al Qur'an sebagai aturan yang mengatur kehidupan.

والله أعلمُ ﺑﺎ ﻟﺼﻮﺍﺏ
“dan Allah lebih tahu yang sebenar-benarnya”

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.