Type Here to Get Search Results !

PELAJARAN DARI PERANG HUNAIN


Oleh: Iha Bunda Khansa

Kesempurnaan Al-Quran, terdapat berbagai macam kisah dan juga peperangan menjadi pelajaran bagi siapapun yang meyakini. Kisah Perang Hunain terjadi pada awal bulan Syawal tahun 8 Hijriah atau 630 Masehi. Sekitar tahun 630 masehi atau 8 hijriyah. Dikenal dengan nama Hunain karena lokasi perang berada di lembah Hunain, dekat kota Thaif, Jazirah Arab Barat daya.

Perang ini sebagai pelajaran bagi umat Islam, ketika ada rasa sombong dengan banyaknya jumlah pasukan dari kalangan kaum muslim. Ketika itu kaum muslimin nyaris kalah, meski jumlah kaum muslim lebih banyak dibandingkan pasukan musuh.

Dikisahkan, Perang Hunain terjadi kala Nabi Muhammad dan para sahabat selesai menaklukkan Mekah. Sebelumnya, Mekah dikuasai oleh kaum kafir Quraisy.

Saat suku Hawazin dan suku Tsaqif berniat mengepung Mekah. Karena ada kekhawatiran lantaran umat Muslim yang baru saja kembali menduduki Mekah telah menghancurkan berhala-berhala di sana.

Perang Hunain diperkuat 12.000 tentara, yang terdiri dari 10.000 dari kalangan Anshar dan Muhajirinum, ditambah 2.000 kaum Quraisy yang baru memeluk ajaran islam. Saat itu, pasukan Muslimin bergerak menuju daerah Hawazin.

Peperangan sempat berjalan kurang menguntungkan bagi pasukan Muslimin. Dikarenakan pasukan berbaju besi sempat kocar-kacir saat menuruni lembah Hunain akibat disergap pasukan Hawazin yang dipimpin Malik bin Auf al-Nasri.

Mereka menyerang dari ketinggian menggunakan batu dan panah. Serangan tersebut berhasil memberikan efek kejut bagi tentara muslim hingga menyulitkan menyusun rencana penyerangan mereka.

Orang-orang yang penuh ketakutan itu lari tunggang langgang, lalu yang terlihat di benak mereka hanya Hawazin dan Tsaqif yang kini sedang meluncur turun dari perkebuan di puncak-puncak gunung.

Dalam kondisi tidak menguntungkan itu, sosok paman Ali bin Abi Thalib, Abbas bin Abdul Muthalib muncul dan berhasil menyatukan kembali pasukan Muslimin yang sudah kalah mental berperang.

Peperangan tersebut akhirnya dimenangkan oleh pasukan muslimin. Kaum Hawazin kemudian melarikan diri dalam dua kelompok. Kelompok pertama nantinya akan kembali berperang melawan tentara Muslimin dalam pertempuran Autas. Sementara sisanya mengungsi ke Thaif yang nantinya akan dikepung pasukan.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

لَـقَدْ نَصَرَكُمُ اللّٰهُ فِيْ مَوَا طِنَ كَثِيْرَةٍ ۙ وَّيَوْمَ حُنَيْنٍ ۙ اِذْ اَعْجَبَـتْكُمْ كَثْرَتُكُمْ فَلَمْ تُغْنِ عَنْكُمْ شَيْئًـا وَّضَا قَتْ عَلَيْكُمُ الْاَ رْضُ بِمَا رَحُبَتْ ثُمَّ وَلَّـيْتُمْ مُّدْبِرِيْنَ
"Sungguh, Allah telah menolong kamu (mukminin) di banyak medan perang, dan (ingatlah) Perang Hunain, ketika jumlahmu yang besar itu membanggakan kamu, tetapi (jumlah yang banyak itu) sama sekali tidak berguna bagimu, dan Bumi yang luas itu terasa sempit bagimu, kemudian kamu berbalik ke belakang dan lari tunggang-langgang." (QS. At-Taubah 9: Ayat 25)

ثُمَّ اَنْزَلَ اللّٰهُ سَكِيْنَـتَهٗ عَلٰى رَسُوْلِهٖ وَعَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ وَاَ نْزَلَ جُنُوْدًا لَّمْ تَرَوْهَا ۚ وَعَذَّبَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا ۗ وَذٰلِكَ جَزَآءُ الْـكٰفِرِيْنَ
"Kemudian Allah menurunkan ketenangan kepada Rasul-Nya dan kepada orang-orang yang beriman, dan Dia menurunkan bala tentara (para malaikat) yang tidak terlihat olehmu, dan Dia menimpakan azab kepada orang-orang kafir. Itulah balasan bagi orang-orang kafir." (QS. At-Taubah 9: Ayat 26)
 
Perang Hunain memberikan pelajaran bagi umat Islam, ketika ada rasa sombong dengan banyaknya jumlah pasukan muslimin. Allah mengujinya dan Rasullullah Saw lalu para sahabatpun menghadapi ujian serta tetap menjaga keimanan sehingga Allah Subhanahu wa'taala menolongnya.

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِنْ تَنْصُرُوا اللّٰهَ يَنْصُرْكُمْ وَيُثَبِّتْ اَقْدَامَكُمْ
"Wahai orang-orang yang beriman! Jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu." (QS.Muhammad ayat7).

والله أعلمُ ﺑﺎ ﻟﺼﻮﺍﺏ
“dan Allah lebih tahu yang sebenar-benarnya”
 
Cianjur, 24 Agustus 2021.

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.