Type Here to Get Search Results !

Hati-hati Fitnah Foto di Sosial Media



Kecanggihan teknologi saat ini sepertinya menjadi boomerang bagi manusia itu sendiri. Tidak ada yang tidak bisa dilakukan saat ini, mulai dari manipulasi foto sampai dengan pembobolan rekening milik kita.


Apalagi hampir semua smartphone atau gadget saat ini dilengkapi dengan fitur kamera yang semakin canggih, yang menjadikan kita lebih gemar berfoto dan mengunggahnya ke sosial media.


Namun ternyata canggihnya teknologi dan banyaknya aplikasi untuk mengedit foto ternyata justru menjadikan kita harus lebih waspada.


Bagaimana tidak, foto yang kita unggah di sosial media dan dilihat banyak orang itu bisa diedit oleh pihak yang tidak bertangungjawab menjadi foto yang justru menimbulkan fitnah bagi kita.


Salah satu gambar yang kami dapati dari sosial media yang diunggah oleh Hafiz di akun Facebook miliknya memperlihatkan foto dua orang wanita yang kemudian diedit menjadi foto berpelukan dengan seorang pria.


Seperti terlihat pada gambar di atas, foto asli adalah dua orang wanita berkerudung sedang berfoto di samping mobil. Mungkin niatnya baik untuk diunggah ke sosial media, sebagai kenangan bersama teman terdekat.


Namun ternyata, mungkin si cewek berbaju pink tidak sadar bahkan mungkin tidak tahu bahwa fotonya diedit oleh orang yang tidak bertanggungjawab menjadi foto sedang dipeluk oleh seorang pria. Bisa dilihat pada gambar di bawah ini:



Pada foto editan di atas, anggapan orang yang melihat ini bahwa si cewek berkerudung dan berbaju pink ini suka bergaul dengan komunitas motor dan mau dipeluk oleh laki-laki yang mengendarai motor gede.


Dan hasilnya, si cewek berkerudung dan berbaju pink akan mendapatkan penilaian yang buruk dan beragam dari orang yang melihat fotonya. Fitnah pun muncul, padahal foto awalnya tidak seperti itu.

Silahkan sebarkan artikel ini jika kamu rasa bermanfaat, dan waspadalah saat mengunggah foto ke sosial media.



Sumber: Sebarkanlah

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.